Berita

    Tetap Fokus Berkendara Saat Mudik Walau Puasa, Berikut Caranya!

    Menjalankan puasa merupakan hal yang wajib untuk seluruh umat Islam di dunia. Karena puasa merupakan salah satu rukun Islam yang didalamnya memerintahkan kepada setiap orang untuk menahan haus, lapar, serta nafsu selama sebulan penuh.

    Tapi rasanya tidak afdol jika bulan suci Ramadhan tanpa ada mudik Lebaran, kan? Bahkan sampai dikatakan oleh Kakorlantas Polri yang menghimbau para pemudik untuk pulang kampung lebih awal agar tidak kena kemacetan.

    Jika kamu ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, berikut ini tips menjaga kesehatan saat menyetir mobil mudik Lebaran tapi tetap berpuasa. Yuk, simak bersama.

            1. Perhatikan jadwal imsak

    Hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah jadwal imsak. Pasalnya, kamu harus yakin bahwa kamu telah berhenti makan beberapa menit sebelum menuju imsak.

    Kalau kamu memutuskan untuk tetap berpuasa selama perjalanan jauh seperti mudik, maka kamu tak boleh melewatkan sahur karena cara ini sangat penting untuk membuat kamu tetap fokus menyetir mobil saat berpuasa.

            2. Penuhi kalori yang tepat

    Tips selanjutnya yakni kamu harus memenuhi kebutuhan kalori harian mu seperti mengonsumsi lemak dan mineral yang cukup pada saat sahur. Makanlah secukupnya dan juga jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu, karena dapat mengganggu pencernaan.

            3. Istirahat yang cukup

    Tips yang terakhir yakni kamu harus melakukan istirahat yang cukup. Pasalnya, istirahat yang cukup akan membantumu menjaga kekuatan dan membuat kamu terjaga.

    Jika kamu mengalami ngantuk mendadak, ada baiknya kamu menepi terlebih dahulu dan memejamkan mata selama 15 menit.

    Pasalnya, jika kamu terlalu memaksakan pada saat lelah berkendara, kamu akan mengalami kelelahan sehingga kamu dapat mengalami deep sleep pada saat berkendara.

    Jika hal ini sampai terjadi, tentunya akan sangat membahayakan diri sendiri dan keluarga yang ada di dalam mobil. Stay safe selama melakukan perjalanan mudik ya.