Berita

    Mengenal Bagian Pintu Mobil & Fungsinya

    Jika membahas perkembangan mobil saat ini, sepertinya tak ada habisnya. Banyak perusahaan produsen mobil berlomba-lomba berinovasi menciptakan terobosan mobil yang canggih dan keren. Selain komponen mesin dan desain interior-eksterior yang bermacam-macam, komponen bodi mobil juga tak luput dari kreativitas desainer mobil. Salah satunya adalah pintu mobil.   

    Bagian Pintu Mobil

    Pintu mobil merupakan salah satu komponen penting bodi mobil. Selain berfungsi sebagai tempat keluar masuk penumpang dan barang, pintu juga menjadi tempat terhubungnya sistem kelistrikan mobil dan bahkan sistem audio mobil. Simak bagian dari pintu mobil & fungsinya

            1. Panel Luar & Panel Dalam

    Pintu mobil memiliki banyak jenis dan bentuknya. Namun, pada dasarnya setiap pintu mobil terdiri atas dua buah panel, yaitu panel luar & dalam. Kedua panel tersebut disatukan dengan metode press hingga menjadi sebuah konstruksi yang kuat. Kedua panel memiliki fungsinya masing-masing. Untuk panel dalam memiliki fungsi untuk menyimpan kabel-kabel jaringan sistem kelistrikan mobil. Sementara itu, panel luar berperan sebagai penutup yang melindungi seluruh komponen di dalam pintu mobil.

            2. Dudukan engsel pintu

    Bagian pintu mobil berikutnya adalah dudukan engsel pintu. Dudukan ini adalah bagian penting pada pintu mobil. Sebab, tanpa adanya komponen ini, pintu tidak akan bisa tersambung dengan keseluruhan bodi mobil. Gangguan pada dudukan engsel pun bisa menimbulkan kerusakan fatal.

            3. Alur jendela

    Selain menjadi tempat untuk menyimpan kabel-kabel jaringan kelistrikan dan audio, pintu pada mobil juga berfungsi sebagai dudukan jendela. Bahkan pintu mobil tidak hanya menjadi dudukan kaca jendela, tetapi juga menyimpan seluruh komponen power window mobil.

    Kaca jendela mobil terpasang pada bagian alur jendela yang ada pada pintu. Sedangkan seluruh komponen power window seperti baterai dan motor penggerak power window terletak pada celah antara panel dalam dan panel luar pintu mobil.  

            4. Alur karet

    Bagian pintu mobil juga dilengkapi dengan karet pelindung yang diletakkan pada bagian alur karet pintu mobil. Fungsi karet pada pintu mobil adalah untuk meredam gesekan yang terjadi antara pintu dengan bodi mobil saat Anda menutup atau membuka mobil. Nah, agar karet ini awet dan tidak cepat getas, hindari membanting pintu mobil. Cukup dorong daun pintu dengan lembut dan pintu mobil pun sudah menutup sempurna.

            5. Pengaman pintu

    Pengaman pintu atau door guard berfungsi melindungi pintu dari risiko terjadinya goresan, kerusakan atau pintu mobil bergeser. Letaknya berada di bibir pintu dan biasanya terbuat dari bahan aluminium dan karet elastis. Agar bagian pengaman ini tidak mudah rusak, sebaiknya Anda tidak memarkir mobil di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.  

    Mengetahui bagian-bagian pintu mobil akan membantu Anda dalam merawat bodi mobil dengan tepat. Selain bodi mobil, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan rutin pada mesin mobil. Lakukan pengecekan mesin mobil Suzuki kesayangan anda di bengkel resmi suzuki dengan cara mengunjungi website nya di www.suzukitradajateng.co.id . Kunjungi sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Mobil Suzuki terbaru yang menarik tentunya.