Berita

    Kenali Fungsi Bumper Pada Mobil

    Setiap kendaraan, memiliki bumper mobil yang dipasang di bagian depan, belakang, atau bahkan sisi samping. Tujuan utamanya, untuk melindungi jika nantinya terjadi benturan atau tabrakan. Namun, ada fungsi lain dari bumper. Apa saja itu? Mari simak ulasannya. 

    Mengapa Bumper Mobil Penting? Ini Fungsinya

    Kegunaan komponen ini yang paling banyak orang ketahui adalah untuk mengurangi atau mencegah keparahan cedera/rusak ketika terjadi kecelakaan. Bahkan, mungkin masih banyak yang menganggap jika bumper ini bukanlah sebuah fitur keselamatan yang nantinya bisa melindungi penumpang. 

    Faktanya, fungsi bumper mobil juga didesain untuk melindungi beberapa komponen di baliknya seperti bagasi, kap mesin, gril, knalpot, bahan bakar, serta sistem pendingin. 

    Tujuan adanya komponen ini pada mobil adalah untuk mengurangi atau mencegah terjadinya kerusakan fisik yang lebih parah pada bagian depan maupun belakang kendaraan ketika terjadi benturan di kecepatan rendah. 

    Umumnya, bumper terbuat dari aluminium karet, baja, atau bahkan plastik, agar dapat menyerap guncangan sewaktu kecelakaan. Namun sebenarnya, masih ada kegunaan bumper mobil yang lain. Inilah daftarnya: 

            1. Menghindari Risiko Cedera Yang Serius

    Bukan hanya melindungi komponen mobil di baliknya, bumper mobil juga dirancang agar dapat melindungi para pejalan kaki dari cedera ketika terjadi benturan yang tidak disengaja. 

    Sebab itulah, banyak produsen yang memasang tambahan bantalan karet diatas bahan kaku bumper agar memaksimalkan kekakuannya. Dengan begitu, fungsi utamanya untuk melindungi akan dapat bekerja optimal. 

            2. Sebagai Standar Keamanan 

    Ada kalanya Anda mengalami insiden kecelakaan kecil ketika di jalan raya atau bahkan di tempat parkir. Dengan adanya bumper yang berbahan kaku dari aluminium karet atau baja, kerusakan parah dapat dicegah. 

    Pejalan kaki yang tidak sengaja terkena benturan pun tidak akan mengalami cedera yang parah. Penumpang di dalam mobil juga lebih aman. Kemudian, bumper juga tidak akan mudah penyok atau rusak, sehingga kerugian yang dialami tidak akan banyak. 

            3. Meningkatkan Aerodinamika Pada Mobil

    Selain untuk fitur keamanan dan keselamatan, fungsi bumper mobil modern juga didesain dengan pertimbangan dapat mengubah penampilan agar terlihat lebih keren dan aerodinamis.