Berita

    5 Spare Part ini Perlu Perawatan Khusus

    Setiap mobil memiliki spare part yang perlu perawatan khusus secara berkala agar komponen berfungsi dengan optimal. Sayangnya, hal ini belum banyak diketahui oleh para pemilik mobil sehingga abai terhadap kondisi spare part di dalamnya.

    Padahal, melakukan perawatan secara rutin sangat penting dilakukan untuk mencegah kerusakan pada mobil. Apa saja komponen yang memerlukan pemeriksaan rutin? Berikut simak beberapa komponen suku cadang yang harus melakukan perawatan khusus secara berkala!

    Beberapa Spare Part yang Perlu Perawatan Khusus

    Ada berbagai jenis perawatan berbeda terhadap kondisi sparepart mobil itu sendiri. Apa saja itu? Berikut bagian yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil!

    • Mesin dengan Oli

    Seperti yang banyak orang ketahui, oli merupakan komponen yang berfungsi sebagai pelumas mesin mobil. Komponen ini berperang penting untuk mengurangi terjadinya gesekan antara mesin di dalam mobil.

    Tentunya penggantian oli sangat penting dilakukan untuk mencegah keausan sehingga kesehatan mesin mobil tetap terjaga. Dengan menggunakan oli berkualitas baik juga dapat menjaga suhu tetap stabil dan mengatasi overheating pada mesin.

    • Sistem Pengereman

    Spare part selanjutnya adalah pemeriksaan pada bagian sistem pengereman. Perawatan ini mencakup pengecekan kondisi kampas rem, minyak rem, cakram, piston, pad rem, dan komponen lainnya.

    Pemeriksaan secara teratur sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah pada rem seperti rem blong atau keras sebelum berkendara. Tindakan ini juga dapat membantu menjaga kinerja sistem pengereman agar tetap dalam kondisi optimal selama mobil digunakan.

    • Rotasi Ban

    Spare part yang perlu perawatan khusus selanjutnya adalah mengganti rotasi ban untuk memperpanjang usia pemakaian roda mobil itu sendiri. Perawatan ini juga dapat mencegah aus ban serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

    rotasi banFreepik.com

    Dengan melakukan rotasi ban, ini dapat mengoptimalkan kinerja ban serta meningkatkan daya cengkram stabilitas mobil. Begitupun biaya yang dikeluarkan untuk penggantian ban akan menjadi lebih hemat dan juga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    • Sistem Kelistrikan

    Komponen selanjutnya yang perlu diperiksa untuk melakukan perawatan adalah memperhatikan sistem kelistrikan mobil. Sebab, sistem ini berperan penting terhadap kelancaran operasional mobil selama dikemudikan. Pekerjaan ini melibatkan pengecekan baterai, kabel busi, kabel aki, alternator, dan sistem kelistrikan lainnya.

    Selain itu, bagian seperti lampu, klakson, dan sistem penerangan lainnya juga penting untuk diperhatikan agar berfungsi dengan normal saat berkendaraan malam. Pemeliharaan sistem kelistrikan dapat menghindari kondisi yang menyebabkan mesin mobil mati atau mogok. Ini juga dapat memastikan fungsi kelistrikan pada seluruh bagian komponen mobil tetap berfungsi dengan optimal agar berkendaraan tetap aman.

    • Sistem Pendingin

    Komponen selanjutnya yang perlu melakukan perawatan khusus adalah pemeriksaan pada bagian sistem pendingin mobil. Sistem ini berfungsi untuk mencegah terjadinya overheating dan memastikan suhu operasional dengan tepat.

    Dengan begitu, mobil Anda bisa terhindar dari kerusakan fatal akibat suhu mesin yang terlalu panas. Selain itu, pemeriksaan sistem pendingin tetap bekerja dengan optimal juga berguna untuk meningkatkan kenyamanan di dalam ruang kabin mobil.

    Demikian penjelasan terkait apa saja sparepart yang harus diperhatikan dan perlu melakukan perawatan khusus secara berkala. Dengan mengetahui berbagai komponen ini, penting sekali untuk merawat kendaraan Anda agar tetap dalam kondisi optimal.