Berita

    Mengenal Fungsi Distributor Mobil

    Salah satu komponen yang berperan penting dalam men-starter atau menyalakan mobil adalah distributor mobil. Keberadaan komponen ini sangat penting dalam sistem pengapian mobil khususnya pada mobil dengan sistem pengapian konvensional dan semi transistor.

    Distributor Mobil dan Fungsinya

    Distributor pada mobil adalah salah satu komponen pada sistem pengapian mobil yang berperan dalam menyalurkan tegangan tinggi pada koil pengapian menuju busi. 

    Distributor ini akan digerakkan oleh camshaft, agar dapat berputar tidak lebih cepat dari crankshaft. Hal ini membuat poros distributor dapat memberikan tegangan ke bagian busi dalam waktu yang tepat dan berurutan.

    Komponen Distributor Mobil dan Fungsinya

    Distributor terdiri atas berbagai komponen yang akan menjalankan berbagai fungsi distributor dalam sistem pengapian mobil. Berbagai komponen dan fungsinya tersebut antara lain adalah:

            1. Distributor Cap

    Distributor cap atau tutup distributor adalah terminal yang terhubung dengan kabel sekunder coil dan kabel busi. Jumlah terminal bergantung pada jumlah busi yang digunakan.

    Distributor cap memiliki fungsi mendapatkan tegangan listrik tinggi lewat bersinggungan dengan rotor. Tegangan ini kemudian dialirkan dengan kabel untuk menuju bagian busi.

    Komponen ini harus ditutup rapat untuk mencegah benda asing seperti air masuk.

            2. Rotor

    Rotor berfungsi menyalurkan listrik tegangan tinggi dari koil ke setiap terminal distributor cap. Komponen ini memiliki konduktor yang terhubung dengan kabel sekunder ignition coil. 

    Terdapat konduktor bebas pada ujung rotor yang lain. Hal ini memungkinkan listrik bertegangan tinggi mengalir ke kabel saat rotor melintasi bagian depan terminal distributor cap.

    Saat poros distributor berputar, maka rotor juga ikut berputar. Putaran ini akan ikut mendistribusikan listrik bertegangan tinggi ke masing-masing busi.

            3. Distributor Shaft 

    Distributor shaft atau poros distributor berada di bagian tengah distributor dan terhubung ke camshaft mesin. Komponen ini menghubungkan berbagai komponen dengan gearnya.

    Bagian bawah komponen ini terhubung ke pompa oli yang terhubung ke crankshaft, sementara bagian atasnya terhubung ke rotor yang mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke semua busi.