Berita

    Ketahui Tips Menderek Mobil Mogok yang Aman

    Mobil mogok adalah hal yang meresahkan. Jika masalah ini terjadi, satu-satunya yang dapat Anda lakukan adalah memanggil jasa derek mobil atau dengan bantuan pengendara lain untuk menarik mobil Anda. 

    Menggunakan derek pun sebenarnya cukup berisiko untuk mobil Anda, karena satu kesalahan yang ditimbulkan oleh ketidaktahuan Anda akan proses penderekan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada mobil Anda.

    Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak melewatkan beberapa tips menderek mobil di bawah ini.

    Tips menderek mobil

    Ada beberapa tips menderek yang baik sehingga dapat mencegah kerusakan mobil. Berikut ini adalah diantaranya.

    • Mengetahui 3 model penderekan mobil

    Sebelum menarik mobil, Anda sebaiknya mengetahui 3 cara yang benar terkait dengan model derek masing-masing.

            1. Model tarik menggunakan tali

    Ini merupakan cara yang paling tidak direkomendasikan. Mengikat tali pada mobil mogok untuk ditarik kendaraan lain memiliki jarak tempuh dan kecepatan maksimal, jika melebihi batasan akan merusak komponen mobil. 

    Selanjutnya, ini juga dapat memperbesar dan memperkeras pengereman, karena saat mobil mati, booster rem tidak bekerja.

    Tidak hanya itu, cara ini pun dapat menyebabkan jebolnya transmisi otomatis, karena minim nya pelumasan pada transmisi dan mesin mati.

            2. Model tarik menggunakan alat

    Ini merupakan cara yang kurang direkomendasikan. Menarik mobil dengan alat berat menggunakan troli beroda atau crane model gantung memiliki keamanan yang kurang karena hanya sebagian ban yang terangkat.

    Apalagi jika penderekannya tidak memperhatikan jenis dan model mobil.

            3. Model gendong

    Ini merupakan cara yang paling direkomendasikan. Dengan meletakkan dan mengikat mobil mogok pada bagian belakang mobil derek, tidak akan ada komponen mobil yang harus bekerja terpaksa.

    Nah, begitulah 3 model penderekan yang perlu Anda ketahui. Jika tidak bisa melakukan derek mobil dengan cara yang paling direkomendasikan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal selanjutnya ini.

    • Menyiapkan tali penarik

    Mencegah tali yang putus, Anda dapat menggunakan yang berbahan tambang atau baja. Maka dari itu, selalu siap sedialah tali penarik di dalam bagasi mobil sebagai step pencegahan mobil mogok.

    • Memerhatikan berat mobil