Berita

    Featured Image

    Cara Berkendara agar Bushing Arm Mobil Tetap Aman

    Bushing arm adalah komponen penting dalam sistem suspensi mobil yang berfungsi meredam getaran dan memberikan kenyamanan berkendara. Cara merawat bushing arm mobil ini harus Anda perhatikan agar ia tetap dalam kondisi baik dan tidak cepat rusak.

    Pengendara juga perlu memperhatikan beberapa cara berkendara yang tepat untuk pencegahan bushing arm rusak. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga bushing arm mobil tetap aman dan awet!

    Cara Merawat Bushing Arm Mobil, Catat!

    Bushing arm adalah sebuah komponen yang bentuknya selongsong besi dengan sokongan karet. Letaknya berada di kaki-kaki mobil, bersama dengan komponen lainnya.

    Fungsi dari bushing arm sendiri yaitu sebagai titik tumpu roda, untuk meredam getaran pada mobil saat sedang berkendara. Apabila Anda berkendara, penting untuk berhati-hati agar komponen ini tahan lama. Berikut caranya!

    • Hindari Jalan yang Rusak

    Mengemudi di jalan yang berlubang, rusak atau bahkan tidak rata dapat memberikan tekanan berlebihan pada komponen bushing arm. Getaran dan benturan dari permukaan jalan yang tidak rata bisa mempercepat keausan bushing. 

    Untuk mengurangi dampak buruk ini, sebaiknya pilih rute yang memiliki kondisi jalan yang lebih baik. Jika tidak ada pilihan lain, berkendaralah dengan kecepatan rendah dan hati-hati saat melewati jalan yang rusak untuk meminimalkan guncangan.

    • Perhatikan Beban Kendaraan

    Mengangkut beban yang berlebihan dapat memberikan tekanan ekstra pada bushing arm dan komponen suspensi lainnya.

    Hal ini dikarenakan bahwa setiap mobil memiliki kapasitas beban maksimum yang direkomendasikan oleh pabrikan. Jadi, mematuhi batas ini sangat penting untuk menjaga kesehatan bushing arm.

    beban kendaraan dan dampaknya pada bushing arm

    Cara merawat bushing arm mobil berikutnya adalah memastikan distribusi beban merata di dalam kendaraan untuk menghindari tekanan yang tidak seimbang pada sistem suspensi.

    • Berkendara dengan Halus

    Cara mengemudi yang kasar, seperti sering mengerem mendadak, tiba-tiba mengebut, atau menikung tajam, dapat meningkatkan tekanan pada bushing arm. Untuk menjaga bushing arm tetap aman, usahakan untuk mengemudi dengan halus dan terkontrol. 

    Cara merawat bushing arm mobil satu ini mengimbau Anda untuk menghindari kebiasaan mengemudi yang agresif atau melaju dengan kecepatan tinggi.

    Sebaiknya, usahakan untuk selalu memperlambat kendaraan secara bertahap. Lalu biasakan untuk tidak melakukan manuver secara  mendadak.

    • Lakukan Perawatan Berkala

    Perawatan berkala adalah kunci untuk menjaga semua komponen mobil, termasuk bushing arm, dalam kondisi baik. Selalu ikuti jadwal perawatan mobil yang telah mendapatkan rekomendasi dari pabrikan. 

    Selama perawatan, minta mekanik untuk memeriksa kondisi bushing arm dan komponen suspensi lainnya. Jika ditemukan tanda-tanda keausan atau kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian sebelum menjadi masalah lebih serius.

    • Perhatikan Kualitas Bushing Arm

    Kualitas bushing arm yang digunakan juga berpengaruh pada umur pakainya. Pastikan untuk selalu menggunakan bushing arm dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi pabrikan. 

    Hindari menggunakan produk aftermarket yang tidak terjamin kualitasnya. Sebab hal ini dapat mempercepat keausan dan berpotensi merusak komponen lain di sistem suspensi.

    Apabila Anda ingin menjaga bushing arm mobil tetap aman, sebaiknya mulai berkendaralah dengan baik. Misalnya dengan tidak mengemudi di jalan rusak dan mengemudi sesuai beban kendaraan. Selain itu, perawatan bermutu juga bisa menjadi cara agar bushing arm awet.