Berita

    Tips Mengamankan dan Melindungi Mobil dari Pencurian

    Kejahatan mengintai kita kapan pun dan dimana pun kita berada. Untuk itu, penting bagi Anda melindungi mobil dari pencurian yang bisa saja terjadi suatu hari nanti. Meskipun kita tidak ingin hal tersebut terjadi, namun melakukan pencegahan adalah cara terbaik untuk melindungi mobil dari berbagai tindak kejahatan.

    Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda memasang beberapa pengaman dan lebih hati-hati dalam menaruh kendaraan Anda. Tips lengkapnya simak di bawah ini.

    Tips Melindungi Mobil dari Pencurian

    Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mobil kesayangan Anda dari pencurian.

    • Parkir di Tempat yang Aman

    Memarkir mobil di rumah memang terkesan lebih aman daripada di tempat umum, namun ternyata masih banyak kasus pencurian mobil di garasi rumah. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya memasang kamera CCTV di area-area tertentu, seperti ruang tamu, halaman depan rumah hingga garasi. 

    Jika Anda sedang berpergian, pastikan untuk memarkir mobil di tempat yang ramai. Agar lebih mudah terpantau dan masih terlihat oleh orang atau kamera CCTV. Saat berada di luar rumah, hindari tempat sepi dan gelap untuk parkir, karena area tersebut lebih rawan pencurian. 

    • Pasang Alarm dan Kunci Tambahan
    Freepik.com

    Alarm merupakan salah satu alat pelindung mobil yang wajib dimiliki. Meski banyak banyak pencuri yang berhasil menjebolnya, alarm tetap bisa jadi alternatif untuk mengamankan mobil Anda. 

    Ketika mobil dibuka secara paksa, maka alarm akan berbunyi nyaring dan membuat orang di sekitar panik. Hal inilah yang akan membuat pencuri khawatir karena takut ketahuan. 

    Selain itu, jangan lupa gunakan kunci tambahan untuk menambah pengamanan. Biasanya kunci tambahan ini akan mengunci lingkar kemudi agar tidak mudah digunakan pencuri. 

    • Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil

    Tahukah Anda bila barang berharga yang ada di mobil bisa memancing adanya pencurian. Hal ini karena mereka menginginkan barang tersebut dan merusak mobil untuk mengambilnya. 

    Sebagai pencegahan, jangan pernah meninggalkan barang berharga di mobil karena terlalu berisiko untuk keamanan diri dan mobil Anda. 

    • Gunakan GPS