Berita

    Simak Fungsi Oil Pan

    Oil pan atau bak oli merupakan wadah yang bertugas menampung oli untuk sementara. Lokasi pemasangan komponen ini terletak pada bagian bawah blok mesin. Ketika melakukan pergantian oli, komponen ini wajib dikosongkan serta dibersihkan.

    Maksud dari penampungan sementara yaitu tempat mengendapnya oli yang telah melumasi komponen mesin contohnya piston, gear, crankshaft, dan lain sebagainya. Baru sesudah itu, oli dapat terisap kembali menuju atas melalui pompa pelumas.

    Jika menilik pengertian bak oli tersebut, Anda pasti berpikiran bahwa fungsinya tampak cukup sepele. Akan tetapi, bukan berarti fungsi tersebut bisa disepelekan, sebab apabila komponen itu rusak, maka dapat berakibat cukup signifikan terhadap mesin.

    Nah, maka dari itu, penting untuk mengetahui fungsi-fungsi bak oli. Ini berguna untuk mendeteksi kendala dan mencegah kerusakan mobil. Anda dapat mengikuti artikel ini untuk poin-poin dan penjelasan ringkas mengenai fungsi tersebut seperti berikut.

    Sejumlah Fungsi dari Oil Pan

    Di bawah ini merupakan beberapa fungsi penting bak oli yang sebaiknya tidak Anda sepelekan:

    • Tempat Penampungan Oli 

    Bak oli memiliki fungsi primer, yaitu sebagai penampung seluruh oli mesin yang sudah digunakan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, sifat penampungan ini adalah sementara. Sebab, oli tersebut akan disedot lagi agar masuk menuju dalam mesin.

    Terdapat sejumlah tingkatan cekungan yang ada dalam oil pan. Pertama yakni bagian terdalam atau tercekung yang memuat saringan oli. Ini merupakan bagian yang terkoneksi langsung dengan pompa oli.

    Jadi, oli yang telah melumasi mesin dapat memasuki bak, lalu disaring, dan baru kembali menuju pompa oli. Dengan begitu, pelumas yang digunakan tersebut mampu bertahan lama.

    Jika bagian saringan tersebut rusak, oli bisa cepat kotor. Nah, oli kotor tidak mampu bekerja optimal dalam melumasi mesin, sehingga komponen tersebut bisa cepat panas saat digunakan dalam jarak jauh.

    • Kanal Pembuangan Oli 

    Fungsi oil pan kedua yakni sebagai saluran atau kanal pembuangan oli mesin. Jadi, setiap menginjak jarak tempuh 5 sampai 10 ribu, oli wajib diganti. Nah, pada bagian bak oli terdapat baut pembuangan yang berguna agar pelumas bisa mudah keluar.

    Baut tersebut bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan dengan menggunakan gasket–yang merupakan bagian yang perlu diganti pula, supaya bisa mencegah kebocoran bak oli yang mampu berakibat fatal serta sukar diperbaiki.

    • Penjaga Sirkulasi Oli