Berita

    Featured Image

    Apa Itu Universal Joint pada Mobil? Ini Penjelasannya

    Universal joint adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam mobil Anda. Bagian ini dapat Anda temui di bagian kolong kendaraan dan memiliki fungsi penting dalam memindahkan tenaga mesin. 

    Universal joint menjadi bagian dari propeller shaft dan berfungsi menjaga kinerja poros tersebut tetap optimal. Sebagai pengguna mobil, penting sekali bagi Anda untuk mengenali komponen ini dan memahami apa saja fungsinya. 

    Universal Joint Adalah

    Komponen ini sebenarnya cukup mudah untuk dikenali. Bentuknya berupa tanda cross atau plus. Banyak orang mengenalnya dengan nama cross joint atau joint kopel

    Setiap ujung dari universal joint akan terpasang dengan masing-masing satu roller bearing. Keempat ujung tersebut nantinya akan menghubungkan komponen ke poros propeller

    Perlu diketahui bahwa universal joint merupakan salah satu komponen mobil yang penting sekali untuk diperhatikan. Komponen ini memiliki pengaruh langsung pada putaran roda dan bisa memengaruhi keselamatan Anda selama berkendara. 

    Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada komponen satu ini. Tujuannya untuk menjaga performa mobil agar bisa berjalan dengan baik dan aman di jalan raya. 

    Fungsi Universal Joint

    fungsi universal jointPexels

    Pada dasarnya universal joint memiliki peran penting untuk menjaga performa dan stabilitas mobil Anda saat berjalan. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai fungsi dari universal joint yang penting untuk Anda ketahui. 

    • Membantu Poros Propeller Tetap Berputar

    Fungsi pertama adalah membantu agar poros propeller tetap berputar. Perputaran yang dimaksud di sini adalah perputaran lembut ketika ada perubahan sudut. 

    Jika Anda mengemudikan mobil di jalanan yang kurang rata, maka universal joint akan memastikan poros propeller tetap berputar. Selama mobil melaju di jalanan yang tidak rata, Anda tetap akan merasakan pergerakan yang lembut. 

    • Mengoptimalkan Kerja Komponen Drive Shaft

    Fungsi lainnya adalah membantu mengoptimalkan kerja komponen drive shaft meskipun dalam sudut yang berbeda-beda. Drive shaft ini akan bekerja secara menyeluruh untuk memindahkan daya langsung dari mesin menuju rear axle

    Saat mobil Anda berjalan, maka transmisi dari komponen drive shaft akan terjadi pada sudut yang berbeda. Di sinilah universal joint akan menjalankan perannya menjaga kerja drive shaft agar tetap optimal. 

    • Menjadi Penghubung bagi Poros Propeller

    Fungsi lain dari universal joint adalah menjadi penghubung bagi poros propeller. Komponen ini dapat menghubungkan poros propeller dengan poros differential dan poros transmisi. 

    • Menjalankan Peran Penting pada Mobil dengan Sistem RWD

    Universal joint juga menjadi komponen yang berperan penting pada mobil dengan sistem RWD atau rear wheel drive. Ini merupakan jenis kendaraan roda empat yang memiliki diameter rata-rata 4 inci. 

    Tipe mobil seperti ini memiliki pusat komponen yang terdiri dari 4 lubang dan tertutup oleh roll bearing. Hal ini membuat munculnya gerakan dari berbagai sudut. Selanjutnya semua lubang tadi akan terhubung dengan drive shaft

    Universal joint nantinya akan membantu semua sistem tadi bekerja dengan baik. Daya dapat tersalurkan dengan lancar sampai ke bagian roda belakang mobil. 

    Sampai di sini jelas bahwa universal joint memiliki peran penting dan perlu dirawat dengan tepat. Perawatannya sebenarnya sangat mudah karena Anda hanya perlu membawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan.