Berita

    Simak 9 Jenis Lampu Indikator Pada Mobil

    Umumnya setiap mobil memiliki sebuah lampu indikator mobil yang letaknya berada di bagian dashboard. Lampu ini memiliki peran penting sebagai tanda adanya masalah pada  kendaraan Anda.

    Di sisi lain, peran lampu indikator pada mobil juga sebagai pengingat. Salah satu contohnya seperti saat kita lupa menggunakan sabuk pengaman.

    Jenis Lampu Indikator Mobil yang harus Diperhatikan

    Selain untuk pengingat penggunaan sabuk pengaman, berikut sudah kami rangkum juga beberapa jenis lampu indikator pada mobil yang harus Anda perhatikan beserta fungsinya.

    1.  Indikator Temperatur Suhu Mobil

    Lampu yang satu ini akan menyala jika suhu mesin mobil Anda terlalu panas. Lampu indikator mobil tersebut memberikan peringatan kepada pengendara mobil untuk menurunkan suhunya terlebih dahulu agar tidak mogok.

    2.  Lampu Indikator Oli Mobil

    Mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan lampu indikator untuk tekanan oli. Lampu ini akan menyala jika mobil kekurangan oli. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan harus segera menggantinya agar performa mobil tetap bagus.

    Oli memiliki peran yang sangat penting untuk ‘kesehatan’ mesin mobil. Dengan adanya indikator ini, maka Anda bisa mengecek kondisi oli kendaraan secara mudah.

    3.  Lampu Check Engine

    Jika lampu indikator mobil check engine menyala, itu artinya ada kendala pada komponen mobil. Contohnya seperti penutup bensin yang tidak rapat, adanya komponen mesin yang rusak dan lain sebagainya. Jika lampu ini menyala, sebaiknya kunjungi bengkel resmi terdekat untuk mendeteksi kerusakannya.

    Indikator yang satu ini tergolong penting. Fungsinya sangat membantu sekali karena kita bisa tahu saat ada komponen mobil yang bermasalah agar bisa diatasi secepatnya.

    4.  Lampu untuk Mengetahui Tekanan Ban

    Jangan mengacuhkan jika lampu indikator tekanan ban mobil menyala. Jika diabaikan maka bisa berpotensi bahaya. Lampu ini menyala akibat adanya salah satu atau beberapa ban yang mengalami kekurangan tekanan.

    5.  Lampu Indikator Bensin

    Untuk lampu yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi setiap pemilik kendaraan, khususnya kendaraan roda empat. Lampu ini sangat penting karena berfungsi sebagai penanda habis atau tidaknya bensin pada mobil.

    6.  Lampu Indikator untuk Baterai/Aki