Berita

    Ketahui Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil.

    Rocker arm merupakan salah satu komponen pada mobil yang kurang dikenal, padahal komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting. Jika rusak, komponen ini bisa menyebabkan kinerja mesin kendaraan Anda menjadi lemah atau terdengar suara berisik di bagian mesin.

    Jika tidak segera ditangani, tentunya kinerja mesin akan semakin terganggu dan bahkan bisa membuat kendaraan berhenti mendadak. Jika hal ini sampai terjadi, maka jalan keluar terbaik adalah segera melakukan penggantian part.

    Itu sebabnya pelatuk klep atau dikenal juga dengan sebutan templar memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi mobil. Apa saja fungsi dari templar tersebut? Berikut informasinya.

    Mengenal Fungsi Rocker Arm Pada Mesin Mobil

    Walaupun memiliki fungsi yang penting, nyatanya tidak semua mobil memiliki suku cadang yang satu ini. Anda bisa menemukannya pada mesin kendaraan berjenis OHC (Over Head Camshaft) atau OHV (Over Head Valve).

    Sebagai informasi, yang dimaksud dengan rocker arm adalah sebuah suku cadang dalam mesin kendaraan yang merupakan bagian dari sistem valve train.

    Posisinya ada pada kepala silinder atau cylinder head, lokasi tepatnya adalah dipasang di antara camshaft dan katup (klep). Bagi mesin OHV dan OHC, templar digunakan sebagai alat untuk membuka celah katup hisap dan buang. 

    Itu sebabnya, komponen ini perlu dipasang di bagian kepala silinder agar bisa berfungsi secara maksimal. Berikut berbagai fungsi templar pada mesin mobil. 

            1. Menyetel atau Mengatur Celah Katup

    Fungsi pertama dari pelatuk katup adalah mampu menyetel atau mengatur celah katup. Pada bagian shaft dengan katup terdapat celah yang membutuhkan adanya kendali yang bisa dilakukan secara otomatis. 

    Cara kerja dari rocker arm adalah dengan mengatur baut penyetel pada celah katup dan mur yang ada di bagian ujung untuk disesuaikan dengan nilai spesifikasi yang dibutuhkan. 

    Ini berlaku apabila klep pada mesin masih perlu disetel (belum disetting dengan baik). Nantinya, ujung katup di bagian templar akan menyesuaikan bukaan katup. 

    Dengan tujuan, fungsi penghisapan yang terjadi bisa berjalan lancar karena bukaan katup terbentuk secara sempurna, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. 

            2. Membuka Tutup Katup Hisap 

    Fungsi rocker arm yang kedua adalah untuk menutup dan membuka bagian katup hisap (intake valve). Komponen ini akan dibantu oleh nok atau cam lobe yang terletak di bagian camshaft