Berita

    Biar Gak Salah Paham! Tips Berkomunikasi Dengan Mekanik Bengkel

    Kendaraan rusak memerlukan perbaikan, jadi Anda akan mengunjungi bengkel terdekat. Ketika sampai di bengkel, terdapat mekanik yang akan melayani Anda. Mengetahui tips komunikasi dengan mekanik bengkel tersebut akan memudahkan proses perbaikan kendaraan.

    Sebab, sering terjadi miskomunikasi atau salah paham karena pelanggan tidak menjelaskan masalah pada kendaraan dengan tepat. Untuk menghindarinya, mari ketahui berbagai tips berkomunikasi dengan mekanik bengkel berikut!

    Tips Komunikasi dengan Mekanik Bengkel yang Efektif dan Efisien

    Membawa kendaraan ke bengkel selayaknya berobat ke dokter. Anda perlu menjelaskan dengan rinci masalah yang dialami agar mekanik tepat sasaran ketika melakukan perbaikan. Tips di bawah ini juga bisa membantu Anda agar mengeluarkan biaya yang lebih ekonomis:

    • Buat Daftar Permasalahan

    Terutama untuk Anda yang mudah lupa, membuat daftar permasalahan atau kerusakan kendaraan menjadi solusi yang efisien. 

    Anda bisa menuliskan permasalahan pada kendaraan menggunakan bahasa sederhana sesuai pemahaman agar mekanik dapat mengidentifikasinya dengan cepat. 

    Bila Anda asal menyebutkan istilah teknis tanpa memahami betul maksud istilah tersebut, ditakutkan hanya menyulitkan mekanik nantinya.

    Jadi, sebagai contoh, ketika Anda mendapati ada suara berdecit ketika mempercepat laju mobil, tulis secara deskriptif sesuai yang Anda alami sehingga memudahkan mekanik menemukan sumber masalahnya.

    • Berbicara Tatap Muka dengan Mekanik

    Maksud dari tips komunikasi yang satu adalah agar Anda tidak mengirim orang lain untuk mewakili kunjungan ke bengkel, melainkan Anda sendiri yang datang sebagai pemilik kendaraan.

    Sebab, Anda akan lebih mudah menjelaskan permasalahannya secara gamblang sehingga tidak ada kesalahpahaman. Anda pun bisa menjelaskan dengan bantuan daftar permasalahan yang telah dibuat sebelumnya.

    Ketika mekanik bertanya, Anda bisa menjawab apa adanya sesuai kondisi yang dialami. Bila tidak paham dengan pertanyaan tersebut, konfirmasi kembali agar jelas. 

    Ini bisa menjadi kesempatan Anda dalam belajar istilah teknis yang tidak diketahui sebelumnya, sehingga Anda pun lebih paham dengan permasalahan pada kendaraan. 

    • Konfirmasi dengan Pertanyaan Ini

    Setelah menjelaskan permasalahan kepada mekanik dan menjawab pertanyaannya, Anda dapat melakukan tips komunikasi, yakni mengajukan pertanyaan berikut ini:

    • Apa masalah yang sebenarnya terjadi?

    Ini akan memberi Anda pemahaman dari sudut pandang mekanik, sehingga lebih teknis dan terstruktur.

    • Bagaimana dampaknya jika tidak diperbaiki?

    Anda dapat memahami tingkat kerusakan pada kendaraan dengan mengetahui dampak yang terjadi jika kerusakan tidak diperbaiki.

    • Komponen mana yang perlu diperbaiki lebih dulu?

    Pertanyaan ini berlaku ketika terdapat lebih dari satu permasalahan kendaraan. Anda pun jadi paham komponen mana yang lebih berisiko kerusakannya, sehingga menjadi catatan perawatan di masa depan.

    • Bagaimana cara memperbaikinya?

    Anda dapat menanyakan detail penanganan kerusakan pada mekanik, sehingga paham apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

    • Terus Terang tentang Deadline Perbaikan

    Satu lagi tips yang perlu Anda terapkan ketika berkomunikasi dengan mekanik ialah berterus terang mengenai deadline perbaikan yang Anda inginkan.

     

    komunikasikan deadline perbaikan mobil

    Freepik.com

    Khususnya jika yang diperbaiki adalah kendaraan utama Anda, maka berterus terang tentang deadline atau tenggat waktu perbaikan akan memudahkan mekanik untuk mengatur jadwal perbaikan. Sebab, terdapat mekanik yang memperbaiki mobil sesuai tingkat urgensinya. Jadi, Anda pun bisa mendapatkan kendaraan lebih cepat sesuai keinginan.