-
Buat Daftar Permasalahan
-
Berbicara Tatap Muka dengan Mekanik
-
Konfirmasi dengan Pertanyaan Ini
-
Apa masalah yang sebenarnya terjadi?
-
Bagaimana dampaknya jika tidak diperbaiki?
-
Komponen mana yang perlu diperbaiki lebih dulu?
-
Bagaimana cara memperbaikinya?
-
Terus Terang tentang Deadline Perbaikan
Biar Gak Salah Paham! Tips Berkomunikasi Dengan Mekanik Bengkel
Kendaraan rusak memerlukan perbaikan, jadi Anda akan mengunjungi bengkel terdekat. Ketika sampai di bengkel, terdapat mekanik yang akan melayani Anda. Mengetahui tips komunikasi dengan mekanik bengkel tersebut akan memudahkan proses perbaikan kendaraan.
Sebab, sering terjadi miskomunikasi atau salah paham karena pelanggan tidak menjelaskan masalah pada kendaraan dengan tepat. Untuk menghindarinya, mari ketahui berbagai tips berkomunikasi dengan mekanik bengkel berikut!
Tips Komunikasi dengan Mekanik Bengkel yang Efektif dan Efisien
Membawa kendaraan ke bengkel selayaknya berobat ke dokter. Anda perlu menjelaskan dengan rinci masalah yang dialami agar mekanik tepat sasaran ketika melakukan perbaikan. Tips di bawah ini juga bisa membantu Anda agar mengeluarkan biaya yang lebih ekonomis:
Terutama untuk Anda yang mudah lupa, membuat daftar permasalahan atau kerusakan kendaraan menjadi solusi yang efisien.
Anda bisa menuliskan permasalahan pada kendaraan menggunakan bahasa sederhana sesuai pemahaman agar mekanik dapat mengidentifikasinya dengan cepat.
Bila Anda asal menyebutkan istilah teknis tanpa memahami betul maksud istilah tersebut, ditakutkan hanya menyulitkan mekanik nantinya.
Jadi, sebagai contoh, ketika Anda mendapati ada suara berdecit ketika mempercepat laju mobil, tulis secara deskriptif sesuai yang Anda alami sehingga memudahkan mekanik menemukan sumber masalahnya.
Maksud dari tips komunikasi yang satu adalah agar Anda tidak mengirim orang lain untuk mewakili kunjungan ke bengkel, melainkan Anda sendiri yang datang sebagai pemilik kendaraan.
Sebab, Anda akan lebih mudah menjelaskan permasalahannya secara gamblang sehingga tidak ada kesalahpahaman. Anda pun bisa menjelaskan dengan bantuan daftar permasalahan yang telah dibuat sebelumnya.
Ketika mekanik bertanya, Anda bisa menjawab apa adanya sesuai kondisi yang dialami. Bila tidak paham dengan pertanyaan tersebut, konfirmasi kembali agar jelas.
Ini bisa menjadi kesempatan Anda dalam belajar istilah teknis yang tidak diketahui sebelumnya, sehingga Anda pun lebih paham dengan permasalahan pada kendaraan.
Setelah menjelaskan permasalahan kepada mekanik dan menjawab pertanyaannya, Anda dapat melakukan tips komunikasi, yakni mengajukan pertanyaan berikut ini:
Ini akan memberi Anda pemahaman dari sudut pandang mekanik, sehingga lebih teknis dan terstruktur.
Anda dapat memahami tingkat kerusakan pada kendaraan dengan mengetahui dampak yang terjadi jika kerusakan tidak diperbaiki.
Pertanyaan ini berlaku ketika terdapat lebih dari satu permasalahan kendaraan. Anda pun jadi paham komponen mana yang lebih berisiko kerusakannya, sehingga menjadi catatan perawatan di masa depan.
Anda dapat menanyakan detail penanganan kerusakan pada mekanik, sehingga paham apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
Satu lagi tips yang perlu Anda terapkan ketika berkomunikasi dengan mekanik ialah berterus terang mengenai deadline perbaikan yang Anda inginkan.
Freepik.com
Khususnya jika yang diperbaiki adalah kendaraan utama Anda, maka berterus terang tentang deadline atau tenggat waktu perbaikan akan memudahkan mekanik untuk mengatur jadwal perbaikan. Sebab, terdapat mekanik yang memperbaiki mobil sesuai tingkat urgensinya. Jadi, Anda pun bisa mendapatkan kendaraan lebih cepat sesuai keinginan.