Berita

    Pahami 8 Tips Penting Merawat Mobil Saat Cuaca Ekstrem

    Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, tetapi sebagian wilayah lainnya justru masih waspada terhadap curah hujan intensitas sedang hingga lebat.

    Karena memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, terkadang beberapa komponen mobil juga bisa terimbas dari kondisi cuaca tertentu. Oleh karena itu, para pemilik mobil harus melakukan perawatan dan memerhatikan kondisi mobilnya. Dikutip dari berbagai sumber Kamis, 26 Agustus 2021 ada 8 tips ringan dalam menjaga kondisi mobil tetap prima yang bisa dilakukan secara mandiri :

    Aki dan Kabel Kelistrikan

    Musim penghujan membuat komponen ini bekerja lebih keras dan cukup berat mengingat suhu yang lumayan dingin serta udara yang cukup lembab.

    Sempatkan untuk memeriksa Aki, busi dan kabel kelistrikan. Bila kondisi kabel sudah banyak yang mengelupas dan cukup getas, maka gantilah yang baru. Begitu pula dengan busi, pemantik api pada ruang bakar tersebut harus memercikkan api dengan baik.

    Tekanan Ban

    Musim penghujan menimbulkan suhu yang cukup dingin sehingga berpengaruh pada tekanan ban. Dalam kondisi suhu yang cukup dingin tekanan ban dapat menurun.

    Periksa tekanan tiap ban dan sesuaikan dengan tekanan yang direkomendasikan pada buku panduan.

    Suspensi dan Putaran Roda

    Musim penghujan dapat menimbulkan jalanan bergelombang dan berlubang. Terkadang jalanan juga menjadi agak berlumpur.

    Kondisi jalan yang buruk tersebut dapat mengganggu kenyamanan mengemudi dan dikhawatirkan turut menurunkan performa suspensi.

    Periksa komponen suspensi agar tetap bekerja dengan baik dengan meredam benturan dengan lembut dan nyaman.

    Foto: Freepik

    Belt dan Selang

    Udara dingin dan panas yang tidak menentu dapat mempengaruhi kondisi komponen belt dan selang yang terbuat dari karet.

    Periksalah bagian-bagian belt dan selang pada mesin apakah muncul retak, aus, benjol atau rapuh. Bila muncul gejala tersebut maka sebaiknya segera ganti.

    Namun, bila tidak ada kerusakan, komponen ini biasanya diganti secara rutin tiap lima tahun.

    Level Cairan

    Hal yang cukup penting pada kendaraan adalah kinerja sebuah cairan pendukung. pastikan kondisi tiap cairan pada mobil berada pada kondisi level yang dianjurkan pada tabung reservoir.

    Filter Udara