Berita

    Mobil Diserempet Motor? Tenang, Ini Cara Menyelesaikannya

    Insiden mobil diserempet motor sering terjadi namun kebanyakan orang menyalahkan pengendara mobil meski sudah mematuhi aturan lalu lintas. Apakah benar pengendara mobil harus mengalah dan bertanggung jawab ketika disenggol atau diserempet pengendara motor?

    Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009, pengendara motor yang menyerempet (merugikan) pengendara mobil harus bertanggung jawab dan menanggung biaya perbaikan mobil jika mengalami kerusakan. 

    Jadi tidak perlu panik saat mobil diserempet pengendara motor karena di sini posisi Anda adalah sebagai korban. Meskipun begitu penyelesaian permasalahannya harus dilakukan secara kepala dingin tanpa perlu diwarnai dengan pertikaian. 

    7 Penyelesaian Insiden Mobil Diserempet Motor 

    Saat mengalami insiden ini sebaiknya jangan panik dan terbawa emosi. Pastikan Anda dapat mengontrol diri agar permasalahannya bisa terselesaikan dengan cara yang baik. Supaya tidak terjadi pertikaian sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut sebagai cara menyelesaikannya. 

    • Tepikan Mobil agar Tidak Menyebabkan Kemacetan

    Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengontrol emosi dan berusaha tetap tenang. Lalu tepikan mobil ke pinggir jalan agar tidak menyebabkan kemacetan yang bisa merugikan pengguna jalan lain. 

    • Cek dan Ingat-ingat Pelat Nomor Motor yang Terlibat Insiden

    Setelah berhasil menepi, segera turun dari mobil dan cek pelat nomor motor yang telah menyerempet, pastikan sudah benar-benar mengingatnya. Langkah ini bertujuan sebagai antisipasi jika pengendara motor kabur dan lari dari tanggung jawab. 

    • Cek Kondisi Penumpang dan Mobil

    Langkah selanjutnya jangan lupa mengecek kondisi penumpang untuk melihat apakah ada yang terluka. Jika ada penumpang yang mengalami luka parah sebaiknya segera panggil ambulans agar mendapat pertolongan lebih cepat.  

    Setelah dirasa mereka aman, cek kondisi fisik mobil untuk melihat bagian mana yang mengalami kerusakan. 

    • Mintalah Warga Sekitar Menjadi Saksi

    Untuk menyelesaikan insiden mobil diserempet motor diperlukan saksi untuk menceritakan kronologi yang sebenarnya. Jika tidak ada warga di sekitar kejadian bisa menggunakan rekaman CCTV sebagai bukti untuk menentukan siapa yang salah.  

    • Ajak Pengendara Motor Berdiskusi

    Diskusi merupakan langkah yang tepat untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Ajak pengendara motor berdiskusi dengan kepala dingin untuk menentukan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan. 

    Ajak Pengendara Motor Berdiskusi

    Freepik.com

    Jika pengendara motor tidak kooperatif dan berbalik menyalahkan Anda (padahal di sini posisi Anda sebagai korban), maka jalur hukum bisa menjadi pilihan yang tepat dari pada harus adu mulut.

    Saat memilih menyelesaikannya secara jalur hukum pastikan Anda membawa surat-surat kelengkapan berkendara sepeda SIM dan STNK. 

    • Cari dan Kumpulkan Bukti-Bukti

    Anda perlu mencari dan mengumpulkan bukti-bukti untuk memenangkan kasus di persidangan nanti. Foto setiap detail kerusakan yang terjadi pada mobil dan abadikan insiden tersebut untuk dijadikan sebagai barang bukti. 

    Jika di sekitar lokasi terdapat CCTV sebaiknya minta ke pihak terkait untuk mendapat salinan rekamannya. Untuk memperkuat bukti sertakan nomor telepon saksi yang menyaksikan insiden tersebut. 

    • Segera Hubungi Pihak Kepolisian

    Jika permasalahannya tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka jalan satu-satunya dengan meminta bantuan kepolisian. 

    Pihak kepolisian akan mengumpulkan keterangan dari korban dan terduga pelaku serta saksi untuk menentukan tindakan hukum yang tepat. 

    Intinya saat mengalami insiden ini tidak perlu panik dan terbawa emosi karena kedua hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Jika insiden tersebut membuat mobil mengalami kerusakan parah segera bawa ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapat penanganan tepat.

    Insiden mobil diserempet motor sebenarnya lumrah terjadi di masyarakat. Anda tidak perlu takut jika berada di posisi benar namun usahakan berdiskusi dengan tenang agar tidak terjadi keributan.