Berita

    Ketahui Penyebab Kopling Mobil Keras

    Pedal kopling mobil keras sering menjadi hambatan dalam kelancaran mengemudikan mobil Anda. Hal ini cukup menjengkelkan, apalagi jika tidak mengetahui apa saja penyebab pedal kopling jadi susah diinjak. 

    Sesuai fungsinya, kopling mobil bertugas meningkatkan performa mobil Anda agar memiliki kinerja optimal saat dikendarai. Begitu juga hubungannya dengan rem, ia memiliki kendali agar rem dapat bekerja optimal. 

    Untuk itu, perlu mengetahui apa saja penyebab kopling mobil yang terasa keras dan berat. Di bawah ini sedikit rangkumannya untuk Anda.

    Inilah Sebabnya Pedal Kopling Mobil Keras

    Ketidakoptimalan kopling mobil dalam beroperasi biasanya disebabkan oleh kurangnya perawatan berkala yang diberikan oleh pemilik mobil. Anda seringkali tidak rutin memberikan pelumas pada kopling. Tak hanya itu, bisa juga karena Anda memiliki kebiasaan buruk saat berkendara. Seperti misalnya meletakkan kaki di pedal kopling. Selain hal tersebut, kira-kira apa lagi sebabnya? Dapat Anda simak di bawah ini.

    • Kampas yang Aus

    Bagaimana cara mendeteksi kampas mobil mendekati aus selain pedal jadi berat? Akan menimbulkan bau angus yang tercium apalagi jika mobil melintasi area jalanan ekstrim. Tak hanya menyebabkan pedal susah diinjak, kampas kopling yang aus menyebabkan mobil kekurangan tenaga. Hal ini akan membuat diafragma keluar dan mengotori pegas kopling sehingga membuatnya semakin susah beroperasi.

    • Kabel Kawat Mengering

    Apabila jarang diberi pelumas, lama kelamaan kabel kawat pada kopling jadi kering dan seret. Hal ini kerap terjadi pada mobil manual. Anda harus rutin memberikan pelumas atau serbuk gawan untuk meminimalisir hal ini.

    • Clover Clutch Tak Maksimal Bekerja

    Jika usia komponen clover clutch ini telah lama, maka kinerjanya juga akan mengalami penurunan. Sehingga membuat pedal kopling mobil keras. Keadaan ini menurunkan daya tekanan yang mempengaruhi kinerja pedal kopling.

    • Kerusakan di Release Bearing

    Fungsi dari komponen ini adalah memberikan dorongan pada pegas diafragma di cover clutch. Jika release bearing rusak, tekanan diafragma ikut turun dan Anda akan kesusahan mengendalikan pedal kopling mobil.

    • Pilot Bearing Macet

    Apabila terjadi kemacetan di komponen ini, mesin akan kesulitan melakukan perpindahan gigi dan membuat injakan pada pedal mengeras. 

    • Kekurangan Pelumas