Berita

    Apa Itu Fuel Pump Mobil, Fungsi, Jenis, dan Ciri Kerusakannya

    Fuel pump mobil merupakan komponen yang berfungsi memompa bahan bakar (BBM) dari tangki menuju mesin untuk diubah menjadi energi. Umumnya, fuel pump terletak pada bagian tangki dan langsung terhubung ke mesin melalui komponen selang.

    Sederhananya, fuel pump atau pompa bensin adalah salah satu komponen suplai bahan bakar pada kendaraan. Jika komponen ini mengalami masalah, mesin mobil akan rentan mogok atau bahkan mati secara tiba-tiba. Jadi, pastikan untuk mengenali tanda-tanda kerusakannya!

    Fungsi dan Jenis Fuel Pump Mobil

    Sesuai penjelasan singkat di atas, fungsi utama dari fuel pump atau pompa bensin adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki, lalu disalurkan ke bagian-bagian mesin mobil. Setelah dialirkan, maka bahan bakar dapat diubah menjadi energi untuk menyalakan mobil.

    Pada mobil dengan tipe mesin karburator fuel pump akan memompa bahan bakar menuju karburator, sedangkan pada mobil injeksi fuel pump akan memompa bahan bakar ke injektor. Sementara itu, jenis fuel pump berdasarkan cara kerjanya dapat diklasifikasikan menjadi:

    • Fuel Pump Mekanis

    Sesuai namanya, jenis pompa ini masih memanfaatkan gerakan mekanis dari putaran mesin untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki. Meskipun getarannya lebih besar dan lebih berisik, tipe ini tidak membutuhkan baterai dan perawatannya lebih mudah.

    • Fuel Pump Elektrik

    Tipe ini sudah memanfaatkan energi listrik baterai untuk mengontrol kinerja pompa, dan umum digunakan pada mobil berteknologi EFI. Meski perawatannya sedikit lebih rumit, namun pompa ini mampu bekerja meski mesin mobil dalam kondisi mati.

    Ciri-ciri Kerusakan Komponen Fuel Pump

    Sebenarnya, masalah pada fuel pump mobil sedikit sulit untuk diidentifikasi karena tandanya tidak bisa dilihat dari lampu indikator dashboard. Namun, Anda bisa mendeteksi kerusakan pada komponen fuel pump dengan mengamati beberapa ciri sebagai berikut:

    • Mesin Mobil Sulit Menyala

    Ciri yang paling sering terjadi adalah mesin mobil akan sulit dinyalakan, sebab bahan bakar dari tangki tidak bisa disalurkan menuju ruang pembakaran. Umumnya, mesin akan semakin susah menyala ketika mobil Anda terparkir dalam waktu cukup lama.

    • Mesin Bersuara Aneh atau Berisik

    Jika mesin mobil masih mampu menyala tetapi mengeluarkan suara berisik atau suara yang aneh saat dinyalakan, Anda perlu segera mengecek bagian pompa. Biasanya, bunyi aneh tersebut diakibatkan oleh menumpuknya kotoran pada saluran fuel pump.

    • Lampu Indikator Injeksi Berkedip