Berita

    Inilah Ciri Kerusakan Bushing Arm yang Harus Anda Ketahui

    Ketika kendaraan yang Anda gunakan tiba-tiba suaranya terdengar sangat keras dan mulai terasa oleng saat dikemudikan. Itu merupakan pertanda yang harus diwaspadai bahwa bushing arm pada mobil mengalami kerusakan. Sayangnya, banyak yang tidak memiliki kesadaran akan hal tersebut. 

    Bahkan, ada yang tetap menggunakannya walau sudah terasa tidak nyaman saat dikendarai. Faktanya, jika komponen ini rusak tapi dibiarkan begitu saja, maka bisa berakibat fatal karena membahayakan keselamatan jiwa sesama pengguna jalan. 

    Pertanyaannya adalah, apa saja ciri yang harus dikenali oleh pengemudi. 

    Untuk informasi selengkapnya mengenai ciri bushing pada mobil yang kondisinya rusak, simak ulasan berikut ini. 

    1. Terlalu Bising

    Sebagai informasi, kerusakan yang terjadi bisa dikarenakan tiga hal, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Usia pakai bushing yang sudah mencapai atau lebih dari lima tahun.
    • Terlalu sering melewati medan yang tidak rata, bergelombang, atau yang berlubang.
    • Kinerja yang terlalu berat sehingga membuat komponen yang satu ini cepat rusak walaupun usia pakainya belum mencapai lima tahun. 

    Perlu diketahui, fungsi dari bushing adalah untuk meredam getaran yang terjadi sekaligus menjaga kinerja kaki mobil. Apabila arm bushing yang posisinya ada di bagian kolong mobil ini rusak, maka ciri pertama yang bisa Anda rasakan adalah timbulnya suara yang sangat berisik. 

    Khususnya saat melewati medan yang rusak seperti jalan yang tidak rata atau berlubang, maka suara bising tersebut akan masuk hingga ke dalam kabin mobil. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. 

    Jadi, jangan diabaikan begitu saja ketika mobil Anda mulai menunjukkan gejala ini. Segera kunjungi bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen bushing ini dan bila perlu, gantilah dengan yang baru.  

            2. Suara Mendecit di Jok Depan

    Sedangkan ciri kerusakan bushing arm pada mobil yang kedua adalah munculnya suara mesin yang saling beradu disertai decitan di bagian bawah jok depan. Jika dibiarkan terlalu lama, suara decitan akan semakin terasa mengganggu saat Anda berkendara.

    Kondisi tersebut disebabkan karena bagian karet yang terdapat pada komponen bushing mulai retak. Untuk memastikan, Anda bisa melakukan pengecekan saat mencuci mobil. Akan lebih baik lagi jika memilih pencucian mobil yang menggunakan hidrolik.