Berita

    Tips untuk Menghindari Salah Jalan di Jalan Tol

    Pahami dan terapkan tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol agar perjalanan Anda nyaman dan tepat. Seperti yang diketahui, jalan tol adalah akses lalu lintas yang memungkinkan pengemudi dapat melakukan perjalanan jarak jauh bebas hambatan. 

    Meskipun jalan ini bebas hambatan, namun ada banyak peraturan yang harus dipatuhi untuk kenyamanan perjalanan. Contohnya seperti penggunaan jalur kanan dan kiri, memakai saldo kartu e-Toll yang cukup, hingga paham aturan jalan di jalan tol.

    6 Tips untuk Menghindari Salah Jalan di Jalan Tol

    Untuk berkendaraan dengan nyaman, tentu harus cermat dalam mematuhi aturan jalan di jalan tol. Berikut tips agar tidak salah jalan ketika menggunakan akses jalan tol pada kendaraan Anda:

    • Siapkan Kartu e-Toll

    Hampir seluruh pintu menerapkan pembayaran secara otomatis dengan menggunakan kartu elektronik khusus yang disebut e-Toll. Kartu ini tersedia dan bisa Anda beli di supermarket terdekat atau di perusahaan perbankan.

    Saat memasuki pintu tol, pastikan isi saldo di dalam e-Toll mencukupi jumlah pembayaran hingga akhir perjalanan. Mengingat di jalan toll sangat sulit menemukan supermarket atau bank untuk membeli produk kartu elektronik ini.

    • Ketahui Kondisi dan Rute Jalan Tol

    Sebaiknya, Anda perlu mencari tahu bagaimana kondisi dan rute yang akan dilalui selama di jalan tol nanti. Misalnya menentukan jarak kilometer pintu masuk dan pintu keluar hingga mengecek kondisi kemacetan di jalan tol.

    Dengan memahami lokasi, ini dapat membantu untuk mencegah Anda terlewat dari pintu keluar tol. Mengetahui titik jalan macet juga bisa membantu Anda untuk menentukan akses jalan lebih lancar di jalan.

    • Gunakan Aplikasi Map

    Aplikasi map memiliki manfaat besar dalam mencegah kesalahan arah di jalan tol dengan menyediakan penunjuk arah yang akurat, pemberitahuan tentang kondisi lalu lintas, alternatif rute, pencarian lokasi, dan informasi detail tentang jalan tol. 

    Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik, menghindari kemacetan, menemukan lokasi tertentu dengan cepat, dan memastikan bahwa Anda tetap pada rute yang benar di jalan tol, sehingga membuat perjalanan menjadi lebih lancar dan aman.

    • Jaga Jarak dengan Mobil Lain

    Tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol selanjutnya pastikan Anda tetap menjaga jarak antara mobil di sekitar. Ini merupakan salah satu langkah agar berkendara tetap aman dan selamat.

    Adapun jarak ideal untuk kendaraan mobil di jalan tol adalah sekitar 40-60 meter. Namun apabila kondisi jalan tol sedang cukup padat, Anda bisa menjaga jarak minimal 10-20 meter dan menerapkan metode jarak 3 detik. Selain itu, dengan melakukan hal ini Anda bisa melihat pintu keluar toll dengan jelas tanpa harus khawatir terlewat.

    jaga jarak dengan mobil lain

    Freepik.com

    • Gunakan Lajur yang Tepat

    Kecepatan ideal mobil di jalan tol yakni berkisar 60-80 km/ jam. Jika kendaraan Anda ingin melaju dengan lambat, maka bisa menggunakan lajur kiri. 

    Sedangkan untuk laju cepat, Anda bisa menggunakan lajur bagian tengah dan laju untuk menyalip mobil lain di bagian lajur kanan.

    Pastikan Anda mematuhi aturan ini agar dapat berkendaraan dengan benar sesuai kecepatan mobil Anda. Hindari kebiasaan buruk seperti mendahului dari sebelah kiri maupun menyetir di lajur kanan dengan statis.

    • Aba-Aba dalam Menyalakan Lampu Sein

    Untuk mendahului mobil lain, Anda wajib menyalakan lampu sein sebagai tanda untuk memberitahu mobil di sekitar. Lakukan aba-aba dengan menyalakan lampu sein selama 2 detik sehingga kendaraan di sekitar bisa berhati-hati.

    Tidak lupa juga untuk mengurangi kecepatan mobil sebelum mendahului kendaraan lain. Sebab, kebiasaan menambah kecepatan saat menyalakan lampu sein cukup berbahaya bagi Anda sendiri dan pengguna jalan lain.

    Demikian penjelasan terkait apa saja tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol. Tips ini bisa diterapkan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat melintasi area jalan tol agar tidak menimbulkan kerugian saat di perjalanan.