Berita

    Featured Image

    Tips Melewati Tanjakan Licin dengan Aman untuk Semua Jenis Mobil

    Tanjakan licin sering kali menelan korban baik pengendara roda dua maupun roda empat. Insiden tersebut biasanya terjadi karena kurangnya kehati-hatian pengendara dalam mengemudikan mobilnya. 

    Sebenarnya jalan menanjak yang licin tidak sebahaya itu jika Anda mengemudi dengan hati-hati dan penuh persiapan. Simak tips di bawah ini agar tidak takut lagi saat melewatinya di kemudian hari. 

    Tips Melewati Tanjakan Licin untuk Semua Mobil 

    Semua medan jalan sebenarnya bisa ditaklukkan tanpa perlu rasa takut asalkan tahu caranya. Berikut tips melewati jalan menanjak yang licin dengan aman untuk semua jenis mobil. 

    • Cek Kondisi Ban Sebelum Berangkat

    Pelajari dulu medan jalan sebelum bepergian terutama di rute yang belum Anda lewati sama sekali. Jika dirasa akan melewati jalan menanjak sebaiknya periksa kondisi ban mobil terlebih dahulu sebelum pergi. 

    Kunci utama menaklukkan jalan menanjak yang licin terletak pada daya cengkeram ban pada permukaan jalan. Untuk melewatinya dengan aman dan selamat, kondisi ban harus dalam kondisi prima. 

    Tekanan angin harus sesuai anjuran produsen mobil dan kondisi tapaknya harus tampak tebal (tidak dibawa tread wear indicator (TWI). Pastikan tinggi kembangan ban mobil masih dalam kondisi bagus. 

    • Menjaga Momentum Berkendara

    Anda harus mengenal karakter mobil agar dapat menjaga momentum saat berkendara di jalan tanjakan licin. Emosi dan fokus harus dijaga agar laju mobil dapat terkontrol dengan baik. 

    Anda perlu menyesuaikan antara kecepatan, pedal gas, dan posisi gigi transmisi. Ketika menanjak, mobil memerlukan torsi besar di putaran rendah maka gunakan gigi transmisi yang tepat. 

    Jangan menggunakan gigi terlalu rendah maupun terlalu tinggi karena dapat menimbulkan ban selip. 

    Anda juga perlu menguasai teknik mengoperasikan pedal gas, praktikkan teknik mengayun. Caranya injak pedal gas sampai titik tertentu lalu sedikit lepaskan kemudian tekan lagi lalu lepaskan lagi secara berulang-ulang. 

    • Mengoptimalkan Kinerja Transmisi

    Meskipun mobil diperkirakan mampu melewati jalan menanjak, Anda tetap perlu menurunkan posisi gigi transmisi agar mendapat tenaga yang lebih besar. Tapi jangan menurunkan gigi di tengah-tengah tanjakan agar mesin mobil tidak kehilangan tenaga. 

    Saat melewati tanjakan panjang dan landai disarankan menggunakan gigi 3 baik itu mobil transmisi manual maupun otomatis. Sedangkan untuk tanjakan curam Anda harus menggunakan gigi 2 atau bisa juga gigi 1 atau L untuk mobil transmisi otomatis bila diperlukan. 

    • Melepaskan Rem Tangan Secara Perlahan-lahan

    Saat mobil mulai melaju, turunkan rem tangan perlahan-lahan jangan melepasnya secara mendadak. Karena dapat membuat laju mobil tersentak dan menimbulkan ban kehilangan tarikan. 

    Jika perlu melakukan pengereman sebaiknya gunakan rem secara intermiten karena jika terus-menerus ditekan dapat membuat ban selip. Pedal gas sebaiknya ditekan secara halus dan bertahap agar laju mobil tetap stabil. 

    • Selalu Hati-hati dan Tetap Tenang

    Kehati-hatian dan kewaspadaan harus ditingkatkan saat melewati jalan menanjak apalagi saat hujan turun. Selain itu jaga kondisi emosional agar tetap tenang karena rasa panik justru dapat mendorong Anda melakukan keputusan yang salah. 

    Itulah beberapa tips dan trik melewati jalan tanjakan licin dengan aman untuk semua jenis mobil. Selain memastikan kondisi ban Anda juga perlu mengecek sistem transmisi dan pengereman.