Berita

    Featured Image

    Spare Part yang Mempengaruhi Pemakaian Bahan Bakar

    Tahukah Anda bahwa beberapa jenis suku cadang ternyata mempengaruhi kinerja bahan bakar mobil? Tentu beberapa jenis spare part yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar ini harus diperhatikan agar tidak boros selama mobil digunakan.

    Memangnya apa saja jenis spare part yang berpengaruh terhadap bahan bakar? Berikut ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    4 Spare Part yang Mempengaruhi Pemakaian Bahan Bakar

    Tidak hanya komponen mesin saja, beberapa suku cadang pada mobil ini diketahui dapat mempengaruhi kualitas pemakaian bensin Anda. Mulai dari filter udara, busi, dan lain sebagainya yang bisa Anda lihat pada penjelasan berikut.

    • Filter Udara

    Filter atau penyaring udara merupakan salah satu komponen mesin mobil yang memiliki pengaruh besar terhadap bahan bakar. Mengingat tugas utama dari komponen ini yaitu untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam mesin mobil.

    Seiring waktu pemakaian, kondisi filter ini akan berubah yang mana apabila tidak dibersihkan secara rutin akan menjadi kotor. Apabila kotoran menumpuk pada komponen filter, ini bisa membuat suplai udara ke dalam mesin menjadi terganggu. 

    Sehingga kondisi penyaring udara kotor, akan  membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan suplai udara yang masuk ke filter untuk melakukan proses pembakaran menjadi berkurang.

    • Busi

    Spare part yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar mobil selanjutnya adalah busi. Komponen ini berfungsi untuk menciptakan sumber listrik pada penggunaan mobil.

    pengaruh busi pada penggunaan bahan bakar

    Selain menjadi sumber listrik, busi juga merupakan sumber pembakar bahan bakar yang telah dikompres oleh piston. Hasil pembakaran ini nantinya dapat menghidupkan mesin mobil secara sempurna dan optimal.

    Oleh karena itu, sangat penting mengecek kondisi busi secara berkala agar tidak aus. Sebab, jika busi mengalami masalah, ini bisa menyebabkan pembakaran bahan bakar menjadi boros.

    • Sistem Injeksi Bahan Bakar

    Sistem injeksi bahan bakar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses pembakaran. Komponen di dalamnya memiliki peran dalam meningkatkan konsumsi bahan bakar mesin agar bekerja secara efisien dan optimal.

    Selain itu, sistem ini juga bekerja untuk mengurangi emisi gas yang berbahaya. Sehingga apabila komponen ini bermasalah, tentu akan membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi terganggu.

    Maka dari itu, penting sekali bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan injeksi secara berkala mulai dari tekanan bahan bakar dan kondisi fisik secara berkala. Pastikan komponen ini bersih dari kotoran agar tetap berfungsi dengan baik.

    • Ban Mobil

    Spare part selanjutnya adalah penggunaan ban mobil yang sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar itu sendiri. Sebab masalah seperti ban gundul, tekanan tidak sesuai, dan lain sebagainya bisa mengurangi kinerja pemakaian bensin.

    Maka dari itu, sebaiknya gunakan jenis ban yang sesuai dengan ukuran standar setiap mobil. Jika ban kempes atau gundul, segera lakukan penggantian dengan ban baru untuk mencegah resiko yang berbahaya bagi keselamatan Anda.

    Penting juga diingat agar rutin melakukan spooring untuk memperpanjang usia penggunaan ban dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, perawatan ban menggunakan teknik spooring juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    Jadi, sudah tahu komponen apa saja yang perlu melakukan perawatan ekstra pada kendaraan Anda. Jenis spare part yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar ini masing-masing memiliki perannya tersendiri agar mobil tetap bekerja secara optimal.