Berita

    Mengenal Jenis Kaca Mobil dan Cara Perawatannya

    Kaca mobil menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan yang tentu memiliki fungsi yang vital juga. Namun, terkadang masih banyak pemilik kendaraan yang melihat wujud komponen ini tidak memiliki perbedaan satu sama lain.

    Padahal, kaca pada mobil memiliki jenis-jenis yang berbeda serta cara perawatan yang berbeda. Simak ulasan lengkap mengenai berbagai jenis kaca untuk mobil sekaligus cara Anda merawatnya agar tetap berfungsi secara optimal.

    Variasi Jenis Kaca Mobil

    Mungkin sebagian besar pemilik mobil belum mengetahui variasi jenis kaca pada mobil yang dimilikinya. Padahal, masing-masing jenis kaca memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini berbagai jenis kaca untuk mobil yang wajib Anda ketahui:

    • Kaca Tempered

    Jenis kaca satu ini merupakan jenis yang terkuat dan terbaik untuk mobil Anda. Kaca untuk mobil jenis tempered ini memiliki kekuatan lebih besar 5 kali lipat dari jenis kaca lainnya. 

    Biasanya, ketebalan kaca ini berukuran 5 mm dan mampu menahan benturan hingga 1.500 Kg/Cm2.

    Tidak heran jika tekstur kaca tempered sangat keras dan biasanya pemilik mobil pribadi menggunakan kaca ini untuk bagian kaca bagian samping dan belakang. 

    Jika Anda ingin menggunakan kaca jenis tempered ,kode pabrik yang digunakan adalah TP (TEMPERLITE).

    • Kaca Partially Tempered

    Kaca mobil jenis kedua ada kaca partially tempered atau kode pabrik Z (ZONELITE). Untuk mutu dan bahan, pada bagian tengahnya terbuat dari bahan yang sama seperti kaca tempered. Namun, bagian sisanya yaitu bagian pinggir kaca terbuat dari bahan lain.

    Tujuan dibuatnya kaca dari bahan satu ini adalah agar ketika retak, bagian tengah tidak hancur berkeping-keping dan masih ada titip penglihatan bagi pengemudi. Secara harga, jelas kaca jenis ini lebih terjangkau dari jenis kaca tempered.

    • Kaca Laminated

    Ketiga, kaca laminated yang mana memiliki kelebihan yang kuat dan tahan dalam meredam benturan. 

    Jika Anda memilih produk ini, pastikan kode yang dipilih adalah LP (LAMISAFE). Biasanya, kaca jenis ini digunakan pada bagian depan mobil atau bagian windshield.

    Kaca jenis laminated terdiri dari 3 lapis, yaitu PVB (poly vinyl butyral) dengan ketebalan 0,76mm dan diapit oleh kaca setebal 2 mm. Salah satu kekurangan kaca jenis ini adalah dampak keretakan yang dapat cepat menjalar ke seluruh permukaan kaca.

    Cara Merawat Berbagai Jenis Kaca pada Mobil

    Berbagai jenis-jenis kaca untuk mobil sudah Anda ketahui, lalu selanjutnya Anda wajib mengetahui cara untuk merawatnya. Hal tersebut karena masing-masing jenis kaca memiliki perawatan yang berbeda-beda. Intip ulasan cara merawat kaca di bawah ini:

    • Rutin Mengecek Kondisi Karet Wiper

    Rutin untuk mengecek kondisi karet wiper menjadi salah satu cara mudah merawat kaca pada mobil Anda. 

    Karena jika kondisi karet wiper jelek, maka kemungkinan dapat merusak permukaan kaca, begitu juga sebaliknya. Terlebih jika Anda sudah lama tidak mengganti karet wiper.

    Maka dari itu, cek kondisi karet wiper Anda sebelum berkendara dan mengangkat wiper kaca ketika mobil terparkir untuk waktu yang lama. Jika kondisi wiper sudah tidak bagus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

    • Bersihkan Kaca secara Berkala

    Kedua, Anda dapat membersihkan kaca secara berkala, terlebih jika terdapat noda dan debu. Ketika Anda rutin membersihkan kaca, maka kaca akan selalu bersih dan terhindar dari jamur dan sejenisnya.

    perawatan kaca mobil

    Maka dari itu, disarankan jika Anda membersihkan kaca secara rutin sebelum dan sesudah bepergian. Namun, Anda juga wajib memastikan jenis lap yang digunakan agar tidak membuat kaca menjadi lecet.

    • Gunakan Kain Lap yang Sesuai

    Cara merawat kaca pada mobil yang terakhir adalah menggunakan kain lap yang sesuai dengan jenis kaca. Gunakan lap halus dan bersih ketika Anda membersihkan kaca. 

    Jika kotoran kaca berupa pasir yang kasar, sebaiknya Anda berhati-hati dalam membersihkannya.