Berita

    Mengenal FLO Tol! Penjelasan tentang Layanan Ini

    Baru-baru ini telah muncul teknologi terkini untuk memperlancar transportasi yaitu FLO Tol. FLO merupakan singkatan dari Fast Lane only yang kini semakin populer digunakan di tol. Dengan sistem pembayaran baru ini, pembayaran tol dapat dilakukan dengan lebih mudah.

    Bila Anda masih belum kenal dengan sistem baru ini, mari kenali secara saksama informasi ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai layanan FLO, mulai dari pengertian, cara kerja, hingga cara mendapatkannya.

    FLO Tol adalah?

    Ini merupakan layanan pembayaran di jalan tol yang dilakukan secara non-tunai dan tidak perlu disentuh atau touch less. Layanan ini merupakan solusi pembayaran praktis yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification).

    RFID dikemas dalam bentuk stiker yang siap ditempelkan ke bagian lampu depan mobil. Dalam stiker tersebut terdiri dari antena dan chip yang berisi data kendaraan, terutama kendaraan-kendaraan yang umumnya sering melalui jalur tol. 

    Saat ini, layanan tersebut masih diuji coba oleh PT Jasamarga Tollroad Operator. UJi coba masih dilakukan di kalangan internal, BUMN, serta di sejumlah komunitas untuk menguji sistem FLO.

    Saat ini, terdapat 50 titik uji coba yang tersebar di gerbang jalan tol wilayah Jabodetabek, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, JORR, serta Jagorawi.

    Freepik.com

    Cara Kerja dan Manfaat FLO Tol

    Cara kerja layanan FLO ini sangat praktis. Pasalnya, stiker RFID yang menempel pada lampu depan mobil sudah sinkron dengan aplikasi Let It Flo. Berikut detail cara kerjanya yang lebih jelas:

    • Penempelan Stiker RFID

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara kerja dari FLO berawal dari penempelan stiker RFID. Stiker ini akan ditempelkan pada lampu bagian depan mobil. Stiker ini sudah terhubung dengan aplikasi Let It Flo.

    • Pemindaian Otomatis

    Ketika kendaraan melalui gerbang tol, pembayaran akan terpindai secara otomatis melalui stiker tersebut. 

    Saldo FLO yang Anda miliki akan langsung terpotong secara otomatis sehingga Anda bisa langsung melintas tanpa harus menempelkan kartu seperti biasanya.

    Anda hanya perlu memperlambat laju kendaraan hingga kecepatannya kurang dari 20 kilometer per jam saat memasuki gerbang tol. Selanjutnya, stiker akan langsung terbaca dan pintu gerbang akan terbuka sehingga Anda bisa langsung melintas.

    • Tetap Aman saat Hujan

    Bagaimana bila terjadi hujan? Stiker RFID akan tetap berfungsi dengan baik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan layanan FLO.

    Dengan kemudahan yang diberikan oleh sistem pembayaran ini, dapat membantu mempercepat antrian di gerbang tol. Hal ini dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di gerbang tol, terutama saat arus tol sedang padat.

    Cara Mendapatkan Layanan FLO Tol

    Seperti yang sudah diketahui, saat ini layanan FLO masih dalam masa uji coba sehingga penggunaannya masih terbatas. Namun, untuk bisa menikmati layanan ini Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

    • Instal aplikasi Let It Flo terlebih dahulu melalui Google Play atau App Store.

    • Untuk mendapatkan stiker RFID, Anda bisa memesan lalu mengunjungi lokasi pengambilan stiker RFID. Jangan lupa bawa kendaraan Anda ke lokasi pengambilan. 

    • Pemasangan, proses instalasi, hingga aktivasi stiker RFID akan dibantu oleh tim teknisi yang ada di tempat tersebut. 

    • Bila proses instalasi sudah selesai, maka pengisian saldo sudah bisa dilakukan. 

    • Pengisian saldo dapat dilakukan melalui aplikasi Let It Flo. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengecek saldo, membeli voucher, dan masih banyak lagi.

    • Aplikasi Let It Flo juga dapat digunakan untuk mengecek riwayat transaksi.