-
Poros Input
-
Gigi Transmisi
-
Gigi Penyesuaian
-
Garpu Pemindah
-
Shift Linkage
-
Tuas Persneling
-
Input dan Output Shaft
-
Bak Transmisi
-
Bantalan
-
Counter dan Reverse Gear
-
Hub Slave
-
Speedometer Gear
-
Komponen Brake
-
Hydraulic Control Unit
-
Automatic Transmission Fluid
-
Torque Converter
-
Clutch
-
Shifting Control
-
Manual Linkage
-
Pedal Akselerasi
Mengenal Bagian-Bagian pada Transmisi Mobil
Transmisi merupakan salah satu komponen pada mobil yang berbentuk tuas dengan fungsinya untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian roda penggerak. Bagian transmisi mobil terdiri atas beberapa komponen yang membuatnya dapat berfungsi dengan optimal.
Transmisi pada mobil umumnya terbagi ke dalam dua jenis, yaitu transmisi secara manual dan transmisi secara otomatis.
Untuk Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang bagian-bagian pada transmisi mobil, baik transmisi manual maupun otomatis, ikuti uraian lebih lengkapnya melalui informasi berikut!
Komponen Bagian Transmisi Mobil Manual
Sesuai dengan namanya, transmisi manual merupakan sistem transmisi yang dioperasikan dengan kopling oleh pengemudi. Tidak hanya itu, tipe transmisi ini juga menerapkan sistem pemindah gigi secara manual dengan tangan dan juga kaki.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar tentang bagian-bagian komponen yang menjalankan transmisi manual:
Merupakan komponen berbentuk sumbu yang berhubungan dengan kopling. Fungsinya ialah untuk memutar gigi kendaraan.
Bagian pada transmisi ini memiliki fungsi untuk mengubah tenaga yang berasal dari mesin menjadi gaya torsi.
Sementara itu, gigi penyesuaian berguna sebagai komponen yang memindahkan gigi saat mobil sedang digunakan.
Kemudian untuk garpu pemindah, fungsi yang dimilikinya, yaitu untuk memindahkan gigi pada poros. Dengan adanya komponen ini, gigi akan menjadi lebih mudah dipasang.
Shift linkage atau disebut juga dengan tuas penghubung memiliki fungsi sesuai dengan namanya, yaitu untuk menghubungkan antara bagian garpu pemindah dengan persneling.
Bagian pada transmisi manual ini berfungsi mempermudah pengemudi untuk memindahkan gigi transmisi sesuai dengan posisinya.
Input shaft merupakan komponen yang berfungsi sebagai wadah aliran tenaga ke roda gigi dari kopling.
Sementara itu, output shaft berfungsi untuk menyalurkan torsi ke gigi terakhir dari sistem transmisi.
Seperti namanya, bak transmisi berguna sebagai dudukan atau wadah dari bearing transmisi.
Bantalan transmisi sama seperti bantalan pada umumnya berguna untuk meminimalisir gesekan yang dalam kasus ini terjadi di antara komponen.
Bagian transmisi mobil manual selanjutnya, yaitu ada counter gear dan juga reverse gear. Counter gear berfungsi menghasilkan torsi dari komponen gigi input ke komponen gigi kecepatan.
Sementara pada reverse gear, sesuai dengan namanya, komponen ini berguna untuk mengubah arah berputar dari komponen output shaft.
Berbeda dengan counter dan reserve gear, kegunaan dari komponen hub slave yaitu untuk mengunci komponen gigi percepatan.
Seperti yang kebanyakan dari Anda sudah tahu, komponen speedometer gear memiliki fungsi untuk mengetahui ukuran kecepatan pada mobil.
Komponen Bagian Transmisi Mobil Otomatis
Selanjutnya ada transmisi otomatis. Pengertian dari jenis transmisi ini adalah sistem transmisinya yang terjadi secara otomatis. Beberapa bagian komponen dari transmisi otomatis pada mobil antara lain yaitu sebagai berikut:
Komponen pertama pada transmisi otomatis, yaitu brake. Umumnya, komponen brake ini terletak di bagian planetary gear. Komponen ini terdiri dari dua jenis yang perlu Anda ketahui, yaitu type brake dan wet multiple disc brake.
Fungsi dari komponen ini, yaitu untuk mengontrol kerja dari kopling pada transmisi otomatis dan juga brake.
Sering disebut juga dengan oli transmisi, komponen ini berfungsi sebagai pelumas untuk melancarkan proses pemindahan momen pada komponen planetary gear dan juga torque converter.
Salah satu fungsi dari torque converter adalah untuk membesarkan momen mesin yang nantinya disalurkan ke komponen transmisi.
Berfungsi untuk menghubungkan torsi yang berguna untuk memindahkan mesin ke intermediate shaft.
Tidak hanya itu, komponen ini juga bisa memutuskan bagian torque converter dari komponen planetary gear dengan tujuan supaya mesin bisa bisa memberhentikan terjadinya perpindahan.
Adanya bagian shifting control adalah untuk mengubah beban yang terkandung pada mesin serta kecepatan menjadi hidrolik.
Komponen ini umumnya dimiliki oleh mobil matic dengan fungsi untuk mendukung mobil tersebut mampu berfungsi dengan optimal.
Komponen terakhir yaitu pedal akselerasi. Fungsinya ialah untuk menghubungkan kabel throttle valve.
Demikian pembahasan tentang bagian transmisi mobil baik secara manual maupun otomatis. Apabila Anda menemukan masalah pada komponen-komponen transmisi, ada baiknya segera mengunjungi bengkel untuk diperiksa dan diservis.