Berita

    Ketahui Fungsi Komponen Dryer AC Mobil Yang Kerap Dilupakan.

    Filter dryer AC mobil menjadi salah satu komponen vital yang bisa menyediakan temperatur segar dalam kabin mobil. Filter dryer ini juga dikenal dengan penyebutan receiver dryer. Saat berada di dalam mobil, tentu Anda mendambakan udara dalam kabin yang tidak gerah bukan? 

    Berkendara jadi lebih nyaman jika udara di kabin sejuk, cukup lembap dan bersih. Di sinilah filter dryer AC melakukan perannya. Apa saja fungsi dan cara kerja komponen satu ini? Simak sampai akhir!

    Fungsi Komponen Filter Dryer AC Mobil

    Sesuai dengan penamaannya, komponen ini memiliki fungsi dalam penyaringan kotoran atau partikel yang ada di sirkulasi freon AC. Kehadiran filter dryer bisa menghadirkan udara yang lebih bersih dan meminimalisir karat pada sistem AC. Filter dryer tidak bekerja sendirian, melainkan secara sistematis bekerja sama dengan komponen lain seperti desiccant, sight glass dan fusible plug.

    • Fungsi Filter

    Komponen yang satu ini fungsi utamanya adalah menyaring kotoran yang ada pada refrigerant atau sistem sirkulasi freon. Karena biasanya dalam proses pengisian freon, ada saja kotoran seperti debu atau gram logam dan partikel lain yang ikut tercampur. Di sinilah filter dryer berperan penting.

    • Fungsi Desiccant

    Tugas komponen ini adalah melakukan penyerapan pada air. Karena ada saja kandungan air saat proses vakum sedang dilakukan. Selain itu, desiccant juga akan mencegah adanya pembekuan pada komponen evaporator.

    • Fungsi Sight Glass

    Selanjutnya adalah sight glass, fungsinya adalah melihat seberapa banyak freon yang ada di sistem AC mobil. Apabila jumlah freonnya sisa sedikit, sight glass akan memunculkan gelembung di udara. Jangan sampai terjadi kekosongan freon di sistem AC mobil, karena bisa merusak komponen lainnya. 

    • Fungsi Fusible Plug

    Nama lainnya adalah fusible socket. Komponen ini berfungsi untuk mengamankan sistem AC jika ada kerusakan. Ia dapat mencegah freon untuk keluar dari tempatnya. 

    Cara Kerja Filter Dryer AC Mobil

    Setelah mengetahui fungsi dari masing-masing komponen filter dryer, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara kerjanya. Untuk hal pertama adalah freon dalam wujud cair dialirkan ke filter dryer.