Berita

    Ketahui Fungsi dan Cara Pasang Tachometer RPM Mobil

    Anda yang sering menggunakan kendaraan, tentu harus tahu cara pasang tachometer rpm mobil. Perlu diketahui, tachometer ini merupakan kabel rpm mobil yang terletak di dalam kendaraan. 

    Sebenarnya tachometer ini masih berhubungan dengan speedometer, tetapi memiliki fungsi yang berbeda antara satu sama lain. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa melihatnya di bawah ini. 

    Bagaimana Cara Pasang Tachometer RPM Mobil?

    Pada dasarnya kabel rpm mobil atau tachometer ini memiliki jenis yang beragam. Mulai dari kabel rpm analog sampai dengan kabel rpm digital. Adapun berbagai cara memasang tachometer rpm mobil bisa dilihat di artikel ini!

    • Kabel RPM Analog

    Pada kabel rpm analog ini merupakan kabel yang memiliki 4 jenis warna berbeda. Sebut saja seperti kabel kuning, kabel hijau, kabel merah hingga kabel hitam. Untuk cara pasang tachometer rpm mobil pun mudah, dimulai dari kabel kuning. 

    Kabel kuning yang memiliki tegangan positif akan digabungkan ke kunci kontak sampai posisinya berubah menjadi on. Dilanjutkan dengan kabel hijau yang artinya negatif dan dihubungkan ke body. 

    Sedangkan kabel hitam ini dijadikan sensor sinyal yang akan dihubungkan ke dalam coil negatif. Hal ini berguna agar tachometer atau kabel rpm analog ini bisa merasakan dampak dari putaran mesin. 

    Kemudian ada dua kabel kecil yang memiliki warna merah dan hitam akan digabungkan menjadi satu. Kabel ini berguna untuk lampu penerangan tachometer, lalu bisa cek seperti apakah multimeter. 

    Dengan memeriksa multimeter ini, Anda bisa mengetahui apakah kabel lampunya sudah terhubung langsung dengan tachometer atau belum. Contohnya jika kabel hitam sudah terhubung ke badan tachometer, maka kabel itu memiliki unsur negatif. 

    Jadi, bisa dipastikan bahwa kabel merah yang terhubung ke badan tachometer itu memiliki unsur positif. Sehingga kabel merah ini bisa digunakan ke saklar lampu kendaraan. 

    • Kabel RPM Digital

    Sedangkan untuk kabel rpm digital itu memiliki berbagai kabel seperti dua kabel merah, dua kabel hitam hingga satu kabel hijau. Cara pasang tachometer rpm mobil dimulai dari kabel merah yang dimasukkan ke dalam output kunci kotak. 

    Kemudian Anda bisa menggabungkan dua kabel hitam lalu hubungkan saja kepada negatif akinya. Sementara itu, kabel warna hijau dimasukkan ke dalam unsur positif koil. Perhatikan apakah kabel sudah tersambung atau belum.