Berita

    Ketahui Fungsi & Macam dari Fuse Mobil

    Fuse mobil lebih familiar di masyarakat dengan nama sekring mobil. Ternyata, komponen satu ini terdiri dari berbagai macam jenis yang patut Anda ketahui. Komponen yang fungsi utamanya adalah yang berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil ini juga memiliki banyak fungsi.

    Karena fungsinya yang vital, Anda wajib mengetahui seluk beluk komponen sekring mobil ini. Karena tidak jarang jika sekring mobil rusak, maka akibatnya mobil Anda akan mogok. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda dapat memperhatikan ulasan di bawah ini.

    5 Jenis-jenis Fuse Mobil

    Sebelum mengetahui fungsi dari sekring mobil, Anda wajib mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui jenis sekring mobil apa yang Anda pakai, karena komponen satu ini begitu penting bagi kelistrikan mobil. Inilah 5 jenis sekring mobil yang perlu diketahui:

            1. Fuse Cartridge

    Jenis fuse kendaraan mobil yang pertama adalah fuse cartridge yang bentuknya seperti tabung, tetapi terbuat dari bahan keramik. Terdapat logam besi ukuran kecil di ujung fuse tersebut dan fungsinya adalah untuk memaksimalkan kapasitas listrik yang dimuat.

            2. Fuse Tabung Kaca

    Masih termasuk ke dalam fuse cartridge, fuse tabung kaca berbentuk seperti kaca warna bening dan transparan. Sama seperti fuse cartridge, fuse jenis ini terdapat penutup pada kedua ujungnya. 

    Bagi Anda yang membutuhkan informasi kapasitas arus listrik pada fuse jenis ini, dapat dilihat pada bagian penutupnya.

            3. Fuse Blade/Fuse Tancap

    Jenis fuse mobil berikutnya adalah fuse blade atau fuse tancap yang memiliki banyak warna sesuai dengan kapasitas arus listriknya. Untuk bentuknya, fuse ini bentuknya kotak dan terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah terbakar. Fuse blade juga memiliki tipe yang berbeda-beda, yaitu:

    • Micro 2 & 3
    • Low profile (LP) Mini Fuse
    • Regular
    • Maxi
    • Mini

            4. Fuse Yazaki

    Fuse jenis ini berasal dari Jepang yang memiliki nama lengkap Yazaki Battery Fuse Terminal. Karena teknologinya yang didesain lebih kompleks, tujuannya agar dapat melindungi komponen kabel dari mobil Anda. Maka tidak heran jika fuse jenis satu ini lebih aman untuk digunakan.

            5. Fuse Fusible Link

    Jenis sekring mobil yang terakhir ada fusible link yang didesain khusus untuk tahan panas. Desain dua strip logam yang digabungkan bersama bertujuan untuk mencegah kabel yang putus apabila terbakar.