Berita

    Ini Dia Tips Merawat Mobil Dimusim Kemarau

    Merawat mobil musim kemarau merupakan hal yang wajib Anda lakukan, meskipun tidak urgensinya tidak setinggi saat musim hujan. Sebab, kerusakan atau gangguan pada komponen bisa terjadi kapan saja, khususnya jika mobil Anda gunakan sehari-hari.

    Melakukan perawatan mobil pada musim kemarau sangatlah mudah dilakukan. Anda dapat melakukannya sendiri maupun dengan membawanya ke bengkel. Nah, artikel ini akan membahas sejumlah tips merawat mobil kala kemarau. Ikuti saja informasi berikut.

    Tips Merawat Mobil Dimusim Kemarau

    Apa sajakah hal yang perlu dilakukan untuk merawat mobil kala kemarau? Berikut adalah poin-poin beserta jawabannya:

    • Memperhatikan Kondisi Wiper

    Bagian ini begitu identik dengan air hujan. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti Anda dapat mengabaikan perawatannya saat musim kemarau. Jadi, selalu perhatikan kondisinya mulai dari karet wiper, wiper fluid, sampai kinerja wiper sendiri.

    Penyebab mengapa Anda harus memperhatikan kondisi wiper adalah, karena ia merupakan salah satu komponen penting. Bila mobil terkena kotoran atau debu yang mengganggu pandangan, Anda dapat mengaktifkan wiper blade dan cairannya. 

    Soal wiper blade, apabila Anda menemukan bagian keras, retak, serta getas, ini berarti fungsinya sudah tidak optimal. Dengan demikian, sapuan yang dihasilkan tidak bisa seperti sedia kala. Mengetahui hal tersebut, lekaslah mengganti karet wiper.

    • Memastikan Kondisi Ban

    Merawat mobil dimusim kemarau pun memerlukan pemeriksaan kondisi ban, apakah ada yang aus maupun rusak. Hal ini dikarenakan bahwa ban mobil harus dalam kondisi prima, baik untuk melintas aspal basah maupun kering.

    Apabila tapak ban botak atau aus, maka kemampuan cengkramnya tidaklah maksimal. Tidak hanya itu, jika Anda membiarkan kondisi tersebut, maka gelincir, pecah ban, maupun kebocoran pun bisa terjadi.

    Oleh sebab itu, memastikan kondisi keempat ban baik-baik saja adalah suatu keharusan. Anda pun perlu memastikan keadaan tekanan angin ban-ban tersebut sesuai rekomendasi dari pabrikan.

    • Memastikan Kecukupan Air Radiator

    Komponen satu ini pun perlu Anda perhatikan jika bicara soal suhu panas. Khususnya kala suhu harian meninggi di musim kemarau, performa mesin membutuhkan air radiator yang dapat bekerja optimal agar temperatur kerjanya konsisten.

    Jadi, Anda perlu memastikan volume komponen ini dalam jumlah yang aman. Apabila tidak memenuhi volume ideal, lekas menambahnya menggunakan radiator coolant. Sebaiknya hindari menambahkan air radiator dengan air keran.