Berita

    Bisa Patah! Ini Cara Mencegah Kerusakan Kaki-kaki Mobil

    Kaki-kaki mobil adalah bagian yang sangat penting pada sebuah kendaraan untuk bisa menopang beban serta mengontrol gerakan mobil saat melaju di jalan. Pada kondisi tertentu, kaki-kaki ini bisa saja mengalami masalah seperti patah atau kerusakan yang cukup serius. Akibatnya, tentu ini bisa membuat kenyamanan saat mengemudi terganggu sehingga beresiko pada kecelakaan serius.

    Maka dari itu, penting sekali untuk merawat penggunaan kaki-kaki pada mobil agar tidak mudah rusak. Caranya seperti apa? Berikut simak penjelasan lebih lengkap di bawah berikut!

    Cara Mencegah Kerusakan Kaki-kaki Mobil

    Untuk mencegah timbulnya masalah pada bagian kaki kendaraan, pastikan Anda menerapkan perilaku yang bijak dalam merawat kendaraan Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan! 

    • Berhati-hati Melintasi Jalan Rusak

    Bagian kaki mobil akan lebih mudah rusak jika kendaraan sering menghantam jalanan yang tidak rata atau berlubang. Bahkan kerusakan ini akan membuat mobil terasa tidak nyaman saat dikemudikan.

    Oleh karena itu saat melewati jalan yang rusak, sebaiknya kemudikan mobil secara perlahan agar tidak menghantam lubang ataupun jalanan bergelombang di sekitar. Hindari mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi dan atur laju kendaraan dengan tepat.

    • Hindari Membawa Beban Berlebih

    Cara selanjutnya untuk menjaga kaki-kaki mobil tetap dalam kondisi mulus adalah tidak membawa beban yang berlebihan. Seperti yang diketahui, setiap mobil mempunyai kapasitas yang berbeda-beda dalam mengangkut penumpang dan barang di dalam ruang kabin.

    Pastikan Anda selalu membawa beban sesuai kapasitas yang direkomendasikan dari pabrikan. Sebaliknya jika membawa beban berlebih, ini akan membuat kendaraan menjadi overload sehingga membahayakan kondisi kaki mobil.

    • Lakukan Spooring secara Berkala

    Spooring berfungsi untuk meluruskan posisi roda mobil sesuai dengan standar dari pengaturan pabrik. Tindakan ini bisa membantu untuk mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat dikemudikan dengan nyaman.

    Spooring bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sekali atau jika kendaraan sudah digunakan dalam jarak tempuh 10.000 km. Cara ini bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga kaki mobil tetap tahan lama. 

    • Rutin Memeriksa Kaki-kaki

    Penting untuk selalu mengetahui kondisi bagian kaki mobil secara berkala dengan rutin memeriksa bagian tersebut. Pengecekan komponen ini bisa Anda lihat ketika hendak melakukan spooring di bengkel terdekat.

    Itu berarti, Anda perlu melakukan pengecekan kondisi mobil secara rutin dengan mengandalkan teknisi terpercaya. Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan terhadap perawatan kaki mobil dengan cara yang tepat. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu melakukan perawatan dan perbaikan segera.

    • Ganti Ban secara Berkala

    Langkah selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah memperhatikan bagian komponen ban mobil. Perlu diketahui, sebuah ban mobil ternyata memiliki masa pakai dengan jangka waktu tertentu sehingga perlu Anda ganti secara berkala.

    ganti banFreepik.com

    Biasanya ban mobil perlu diganti setiap 3 tahun sekali atau sudah menempuh jarak minimal 40.000km. Selain itu, penggantian ban juga harus segera dilakukan terutama jika ban aus dan terasa nyaman saat mobil berjalan.

    Demikian pembahasan tentang cara mencegah kerusakan pada bagian kaki mobil yang perlu Anda pahami. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan langkah perawatan atau perbaikan untuk mengatasi masalah pada kendaraan Anda.