Berita

    Cara Merawat Pintu Mobil Agar Tetap Awet

    Salah satu bagian mobil yang memiliki peran yang penting adalah pintu mobil. Sayangnya, seringkali bagian pintu pada mobil ini tidak berfungsi dengan baik, seperti tidak dapat tertutup dengan rapat.

    Jika tidak segera diperbaiki, maka akan membuat pintu pada mobil mengalami kerusakan yang lebih parah. Sehingga penting bagi Anda untuk merawatnya tetap dalam kondisi prima.  

    Tips Merawat Pintu Mobil 

    Agar pintu pada mobil tetap dalam kondisi prima, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk merawatnya.

    • Tutup Pintu dengan Benar

    Banyak orang yang seringkali menutup pintu dengan keras saat keluar masuk mobil. Memang terdengar sepele, tetapi nyatanya, kebiasaan seperti ini dapat membuat pintu pada mobil menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. 

    • Pilih Tempat Parkir yang Tepat

    Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih tempat parkir yang tepat. Karena memarkir mobil yang terkena sinar matahari langsung dapat membuat karet mengeras sehingga pintu tidak dapat tertutup dengan sempurna. 

    • Hindari Sentuh Karet Pintu

    Hal ini memang sederhana, tetapi sering menyentuh karet pintu secara langsung dapat membuat karet menjadi tergores, robek atau bahkan terlepas. Jika hal tersebut sampai terjadi, akan menyebabkan pintu pada mobil menjadi lebih cepat rusak.

    • Bersihkan Karet Pintu Secara Berkala

    Agar pintu pada mobil dapat lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan, pastikan untuk selalu mengecek dan juga membersihkan karetnya. Karena kotoran yang menempel pada karet yang dibiarkan terlalu lama akan mengganggu fungsi dari karet tersebut. 

    • Hindari Benturan 

    Tips lainnya agar pintu pada mobil Anda tetap dalam kondisi prima, sebisa mungkin untuk menghindari benturan pada pintu karena benturan tersebut dapat menyebabkan posisi pintu bergeser atau bahkan terlepas. 

    • Berikan Pelumas 

    Agar pintu pada mobil dapat tetap berfungsi dengan baik, Anda dapat memberikan pelumas khusus secara rutin. Pastikan pelumas tersebut mengandung parafin dan hindari yang mengandung oli karena hanya akan membuat debu atau kotoran lebih mudah menempel. 

    • Cek Bearing Secara Rutin

    Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi bearing secara rutin. Jika bagian bearing tidak terawat dengan baik, akan menyebabkan terdengar bunyi yang mengganggu. 

    • Langkah Sederhana Rawat Pintu Mobil