Berita

    Cara Menghilangkan Baret pada Kaca Lampu Mobil dengan Aman

    Baret bukanlah sesuatu hal yang bisa diabaikan begitu saja, termasuk kaca lampu mobil. Kaca lampu mobil harus dijaga supaya tidak menghalangi sinar saat sedang berkendara. Misalnya saja terhalang oleh kondisi buram hingga baret. Ini membuat sinar yang terpancar dari lampu jadi tidak optimal.

    Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan sering melakukan pembersihan pada lampu. Namun jika terlanjur ada baret pada lampu mobil, Anda dapat melakukan perawatan supaya bisa menutupi baret tersebut.

    Tips Menghilangkan Baret pada Kaca Lampu Mobil

    Untuk membersihkan baret kaca pada lampu mobil, Anda tidak perlu membawanya ke salon mobil. Sebab, bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Anda bisa memenuhi sendiri di rumah.

    Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sekaligus menyamarkan baret pada lampu mobil. Ikuti langkahnya berikut ini!

    1. Siapkan Bahan dan Alat

    Tentu Anda wajib mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan perawatan ini di rumah secara mandiri. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

    • Sabun cuci mobil yang cocok untuk perawatan kendaraan Anda dan sabun cuci piring;

    • Air hangat; 

    • Kanebo untuk mobil dan lap kain microfiber;

    • Pasta gigi atau bisa juga compound;

    • Amplas 1.500 dan 2.000;

    • Minyak tanah atau bensin.

    Pastikan alat dan bahan ini sudah Anda persiapkan sebelum memulai. Agar baret pada lampu kaca mobil Anda dapat tersamarkan.

    2. Mulai Pembersihan

    Langkah berikutnya adalah tahapan pembersihan. Pertama Anda harus mencuci terlebih dahulu kaca atau mika yang ada pada lampu mobil. Pencucian dilakukan dengan menggunakan sabun cuci mobil yang telah disiapkan.

    membersihkan lampu mobilPexels.com

    Cuci secara perlahan hingga bersih. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang tertinggal pada lapisan tersebut. Agar langkah berikutnya dapat berjalan dengan baik.

    Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kanebo yang telah dipersiapkan. Kemudian pastikan benar-benar kering. Baru Anda bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

    3. Buat Formula Pembersih

    Berikutnya Anda bisa mencampurkan beberapa bahan untuk pembersihan. Antara lain bensin dan sabun cuci piring. Kira-kira menggunakan perbandingan 6:4 atau bisa juga 7:3. Setelah itu campurkan hingga merata.

    Amplas 2.000 yang sudah Anda siapkan dapat segera dicelupkan pada formula pembersih tersebut. Kemudian mulai gosokkan hingga bersih pada permukaan kaca lampu mobil. Buat bergantian dengan 1.500 setelah kaca sudah mulai bersih.

    4. Oleskan Pasta Gigi atau Compound

    Tahapan berikutnya setelah pengamplasan adalah mengoleskan pasta gigi atau bisa juga compound. Lakukan langkah ini dengan teliti sampai merata ke seluruh bagian kaca lampu.

    Sebaiknya Anda menggunakan compound untuk hasil yang optimal. Namun jika tidak ada, lanjutkan dengan menggunakan pasta gigi.

    5. Amplas untuk Goresan

    Baret pada kaca ini bisa Anda hilangkan dengan menggunakan amplas 1.500. Tambahkan air untuk menggosok sampai baret bisa tersamarkan sepenuhnya.

    Saat melakukan penggosokan, sebaiknya lakukan secara perlahan dengan searah jarum jam, atau berlawanan. Hindari menekan terlalu dalam, untuk menghindari lapisan yang semakin tipis.

    Demikian langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau menyamarkan baret. Butuh ketelitian dan perawatan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelah melakukan perawatan, pastikan Anda memeriksa hasil kualitas sinar pada lampu mobil ya!