Berita

    Kaca Mobil Berbunyi Berdecit? Ini Cara Mengatasinya

    Suara kaca mobil berdecit mungkin terdengar sepele. Tapi, tanda disadari suara tersebut membuat Anda tidak bisa fokus mengemudi. Jadi, tidak heran apabila perjalanan Anda jadi tidak menyenangkan lagi. Suara decit mobil bisa jadi karena beberapa faktor.

    Meskipun kerusakan atau gangguannya terlihat minor, tapi ini perlu penanganan yang tepat agar proses menaik-turunkan kaca mobil lancar kembali dan tidak memakan biaya perbaikan yang besar. Jadi, ketahui sebab dan segera cari cara untuk mengatasinya!

    Penyebab Kaca Mobil Berdecit dan Solusi Tepatnya

    Decit pada kaca mobil kerap jadi masalah umum kendaraan, terutama kendaraan  tua. Faktor Penyebabnya bervariasi, mulai dari masalah kecil seperti kotoran yang menempel pada kaca, hingga masalah yang lebih parah seperti kerusakan dan kelalaian fungsi sistem pengereman.

    Terdapat 5 penyebab umum kaca mobil berdecit yang perlu diketahui. Berikut merupakan poin-poin dan penjelasan ringkasnya:

    • Kondisi Kaca Mobil yang Tidak Rata

    Kondisi saat kaca mobil mengeluarkan suara decitan bisa juga karena faktor permukaan kaca yang tidak rata. 

    Hal ini bisa jadi karena fluktuasi suhu dan tekanan udara saat mobil bergerak, sehingga mengakibatkan gesekan antara kaca dengan bagian mobil di sekitarnya.

    Untuk memperbaikinya, Anda bisa mencari bengkel untuk mengatasi ketidakrataan permukaan kaca tersebut. Para ahli di sana dapat memberikan layanan perbaikan terbaik agar masalah kaca mobil ini terselesaikan dengan baik.

    • Kondisi Kaca Mobil yang Kotor

    Kotoran yang menempel pada permukaan kaca, seperti debu, jejak burung, dan pecahan batu dapat menjadi pemicu kaca mobil mengalami suara berdecit.

    Hal ini karena kotoran-kotoran tersebut menciptakan gesekan saat upaya membersihkan kaca mobil dilakukan menggunakan kain atau saat karet wiper bergerak. 

     

    membersihkan kaca mobil

    Maka dari itu, bersihkan kaca mobil dengan hati-hati dan hindari gesekan yang bisa mengakibatkan permukaan kaca mobil berdecit.

    • Karet Wiper yang Aus atau Rusak

    Keausan atau kerusakan pada karet wiper bisa jadi faktor yang menyebabkan kaca mobil bagian depan mengeluarkan suara decit. Apalagi jika wiper sering digunakan dan tidak dirawat dengan baik. Padahal komponen kecil ini mendatangkan manfaat yang besar.

    Apabila hal ini terjadi, segera ganti karet wiper dan pastikan cairan wiper-nya tidak kering. Dengan begini, wiper berfungsi dengan baik.

    • Baling-Baling AC yang Kotor

    Baling-baling AC yang kotor dapat menimbulkan suara berdecit saat mobil dinyalakan atau ketika AC dihidupkan. 

    Kondisi ini muncul karena kotoran yang melekat pada baling-baling AC menghambat aliran udara yang keluar dan pada akhirnya muncul suara decit yang mengganggu.

    Cara mengatasinya? Cek kondisi AC dan lakukan tindakan pembersihan. Gunakan peralatan bersih-bersih yang aman dan yang tidak berpotensi merusak komponen AC.

    • Pelumas Kering

    Pelumas pada jalur kaca mobil berfungsi agar Anda tidak kesulitan menaik-turunkan kaca mobil setiap kali dibutuhkan. Apabila jalur ini kering, maka muncul gesekan antar komponen di dalamnya. 

    Saat Anda membersihkan kaca, olesi bagian tersebut dengan pelumas yang sesuai. Oleskan dengan perlahan dan hati-hati agar cairan tersebut tidak mengotori bagian lain. Pastikan cairannya mengenai bagian yang seharusnya. 

    Masalah kaca mobil berdecit mungkin bukan masalah yang mendesak untuk segera diperbaiki. Namun, agar mengganggu dan kerusakannya lebih parah, lakukan perawatan rutin dan servis secara menyeluruh pada kendaraan Anda.