Berita

    Mengapa Mesin Hybrid Semakin Populer? Manfaat dan Teknologi Terkini

    Penggunaan mesin hybrid atau hibrida pada berbagai jenis mobil modern kini semakin populer, karena ada berbagai keunggulan yang ditawarkan. Salah satu keunggulan yang gencar dibicarakan yaitu tentang teknologinya yang ramah lingkungan.

    Sebenarnya, apa saja keunggulan dari mesin ini? Baca pembahasan berikut hingga tuntas dan pertimbangkan mesin ini untuk perjalanan Anda!

    Keunggulan dan Manfaat dari Mesin Hybrid

    Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa teknologi hybrid di sini merupakan penggabungan antara mesin mobil dengan bahan bakar serta tenaga listrik.

    Terdapat pengaturan khusus yang dirancang supaya mesin dapat berpindah dari satu sumber tenaga menuju ke sumber lainnya.

    Populernya teknologi hybrid ini tentu bukan tanpa alasan, berikut adalah berbagai keunggulan dan manfaat dari teknologi yang satu ini.

    • Hemat Bahan Bakar

    Keunggulan pertama dan yang banyak dibicarakan orang yaitu mesin ini dapat lebih menghemat penggunaan bahan bakar.

    Hal ini karena sistem pada mobil hybrid merupakan penggabungan antara penggunaan bahan bakar minyak atau BBM dengan tenaga listrik atau baterai.

    Dengan begitu, maka ada dua jenis tenaga yang dapat dimanfaatkan. Ketika mobil berada di tengah kemacetan, maka penggunaan BBM akan berhenti dan berganti menjadi penggunaan sumber listrik dari baterai.

    Seluruh sistem kelistrikan dari mobil hybrid juga menggunakan tenaga baterai, sehingga tidak memakai BBM sama sekali. Tentu saja, hal ini dapat menghemat dana untuk pengisian bahan bakar.

    iStock
    • Ramah Lingkungan

    Masih terkait dengan persoalan bahan bakar, mesin hybrid juga terbilang ramah lingkungan karena minim penggunaan BBM. Dengan begitu, maka emisi gas hasil pembuangannya pun dapat diminimalisir.

    Hal ini dapat berdampak baik bagi lingkungan, karena dapat mengurangi risiko pemanasan global. Ini merupakan langkah yang baik untuk meminimalisir berbagai polusi karena kendaraan bermotor.

    Keunggulan ini juga yang saat ini sedang gencar dikampanyekan di berbagai negara, supaya dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan menjaga ekosistem.

    • Perpindahan Gigi yang Lebih Halus

    Sistem transmisi yang digunakan pada mobil hybrid yaitu Continuously Variable Transmission atau CVT.