Berita

    7 Tanda Air Radiator Mobil Habis

    Radiator berperan sangat penting pada kendaraan Anda, air radiator berfungsi untuk mendinginkan sistem yang harus didinginkan yang ada pada mobil Anda. Maka dari itu jangan sampai kendaraan Anda kehabisan air radiator. Kenali tanda air radiator mobil habis untuk mencegah kerusakan.

    • Lampu peringatan pada dasbor menyala 

    Saat air radiator hampir habis, kendaraan Anda akan memberi sinyal dengan menyalanya lampu peringatan pada dasbor. Namun, sayangnya fitur seperti ini tidak dimiliki semua jenis mobil.

    • Meningkatnya pengukur suhu kendaraan

    Ketika suhu mesin mobil Anda mengalami peningkatan akan ditunjukkan oleh pengukur suhu yang berada pada dasbor mobil. 

    • Matinya mesin secara otomatis

    Saat ini sebagian besar mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur mematikan mesin secara otomatis. Fitur bekerja ketika air radiator hampir habis dan suhu mesin meningkat, maka secara otomatis akan mematikan mesin untuk mencegah kerusakan pada mesin. 

    Setelah mesin cukup dingin, maka mobil dapat dikemudikan kembali.

    • Boros bahan bakar

    Jika Anda merasa penggunaan bahan bakar pada mobil Anda lebih cepat dibanding biasanya, ini menjadi salah satu tanda air radiator mobil habis, karena mobil membakar bahan bakar lebih cepat. 

    Jika suhu pada mobil tepat, mesin akan membakar bahan bakar secara efisien. Namun sebaliknya, ketika suhu mesin berubah, maka mesin tidak membakar bahan bakar secara efisien. Maka dari itu air radiator berperan penting sebagai pengatur suhu mesin mobil.

    • AC kurang dingin

    Jika AC sudah dinyalakan namun udara dingin tidak terasa, sedangkan freon masih banyak, penyebabnya adalah air radiator yang habis atau berkurang. Sistem putaran kompresor pada AC berhenti karena terlalu panasnya suhu pada mesin sehingga mematikannya secara otomatis.

    • Tenaga pada mesin terasa menurun

    Ketika air radiator habis, tenaga yang dihasilkan mesin akan terasa menurun. Terutama jika Anda berkendara dengan kecepatan yang tinggi, akan sangat terasa perbedaannya. Laju mobil akan terasa lebih berat dan mengganggu performa mobil Anda. 

    • Tercium bau khas dari radiator

    Air radiator memiliki bau yang khas. Jika air radiator habis Anda akan mencium bau khas dari kabin mobil Anda.

    Jika sudah mengetahui mobil Anda kekurangan atau kehabisan air radiator namun dibiarkan begitu saja, akan sangat berbahaya bagi mobil juga keselamatan diri Anda.