Berita

    Ketahui Jenis & Fungsi Dari Minyak Kendaraan Pada Mobil

    Bukan rahasia umum lagi jika sistem pengereman merupakan hal yang sangat vital dalam mesin kendaraan. Dan agar kinerja sistem pengereman optimal dibutuhkan minyak rem.  

    Fungsi minyak rem mobil sebagai pelumas pada sparepart yang terbuat dari logam yang berada di kampas dan cakram. Sebab kedua komponen ini selalu bergesekan dalam sistem pengereman.

    Agar komponen tidak gampang rusak dibutuhkan minyak untuk pelumasan. Cakram dan kampas ini memiliki peran penting untuk pengereman mobil. Jadi, pastikan keduanya tidak kering dan panas. Fungsi lainnya untuk mengalirkan cairan hidrolik.

    Jenis-Jenis Minyak Rem

    Secara umum terdapat empat jenis minyak pengereman yang di jual di pasaran. 

    • Minyak DOT 3

    Jenis minyak ini mempunyai kadar polyglycol yang berfungsi untuk penyerapan cairan. Jadi, meskipun minyak bercampur dengan cairan tapi bentuknya tetap tidak berubah.

    Kelemahan dari minyak ini bisa menimbulkan kerusakan pada cat dan karet. Selain itu, pastikan Anda mengganti minyak secara rutin agar tidak menyebabkan pengkaratan.

    • Minyak DOT 4

    Jenis minyak rem mobil ini biasanya digunakan pada kendaraan yang sudah tua. Keunggulan dari minyak ini adalah suhu panasnya lebih tinggi ketimbang minyak DOT 3. Jadi, sangat cocok dipakai oleh minyak yang mempunyai suhu panas yang tinggi.

    Kekurangan dari minyak ini adalah sulit menyerap cairan dan dapat menimbulkan kerusakan pada cat dan korosi. Selain itu, harga minyak DOT 4 jauh lebih mahal ketimbang minyak DOT 3.

    • Minyak DOT 5

    Jenis minyak ini terbuat dari bahan silikon. Keunggulan dari minyak ini adalah tidak menyebabkan kerusakan pada cat. Jenis ini sangat cocok dipakai untuk berbagai macam karet pengiriman. Sayangnya, DOT 5 sulit menyerap cairan.

    Kekurangan lain dari DOT 5 ini adalah pengereman agak terhambat. Juga butuh tenaga yang lebih saat pengereman. Dan minyak ini tidak cocok dipakai mobil yang memiliki rem ABS.

    • Minyak DOT 5.1

    Jenis minyak ini termasuk update terbaru dari minyak DOT 5. Bedanya terletak pada bahan dasarnya. Jenis minyak rem 5.1 ini terbuat dari silikon. Suhu panas minyak ini jauh lebih tinggi. Sehingga lebih berkualitas ketimbang minyak keluaran sebelumnya.

    Kelebihan dari minyak DOT 5.1 adalah cocok untuk dipakai pada kendaraan keluaran baru.

    Dampak Memakai Minyak Pengereman yang Tidak Tepat