Berita

    Ketahui Apa Itu Power Steering pada Mobil? Ini Fungsi dan Jenisnya

    Power steering mobil adalah sistem yang berfungsi untuk membantu manuver kendaraan di tikungan. Sebagai komponen yang berada pada sistem kemudi, Anda membutuhkan power steering untuk memudahkan proses saat memutar kemudi mobil.

    Saat ini, terdapat 3 jenis power steering yang umum digunakan pada kendaraan roda empat. Untuk menjalankan fungsinya, sistem power steering dilengkapi oleh beberapa komponen pendukung yang masing-masing juga memiliki fungsi khusus.

    Fungsi dan Jenis-jenis Sistem Power Steering Mobil

    Pada dasarnya, power steering adalah komponen pada sistem kemudi yang berfungsi meningkatkan tenaga saat memutar roda kemudi, sekaligus meringankan beban yang dihasilkan saat mobil berbelok di tikungan.

    Dengan power steering, Anda tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk memutar kemudi, termasuk saat berkendara dalam kecepatan rendah. Hal ini karena cara kerja sistem power steering memanfaatkan tambahan daya dorong, pelumas, serta tenaga pegas.

    Berdasarkan sistem kerjanya, power steering mobil terdiri atas beberapa jenis. Berikut adalah masing-masing poin dan penjelasannya:

    • Hydraulic Power Steering

    Ini adalah jenis sistem power steering yang bekerja menggunakan komponen hidrolik, pompa, serta fluida bertekanan untuk menyalakan sistemnya. Artinya, tenaga awal diperoleh dari putaran mesin lalu ke power steering.

    Putaran tersebut akan melewati puller untuk mengalirkan tenaga hingga mendorong bagian fluida ke piston. Tipe ini biasa digunakan pada truk atau mobil seri pertama, sehingga sudah jarang ditemukan pada mobil keluaran terbaru.

    • Electronic Power Steering (EPS)

    Sesuai namanya, sistem power steering ini menggunakan motor listrik. Perlu Anda ketahui, mayoritas mobil keluaran terbaru sudah menggunakan sistem ini.

    Artinya, sistem EPS tidak lagi memanfaatkan tenaga dari tekanan fluida, melainkan arus listrik dari baterai. Biasanya, mobil yang sudah memiliki sistem ini akan dilengkapi oleh angle sensor pada bagian steering column-nya.

    • Hydro-Electric Power Steering

    Ini adalah gabungan antara sistem power steering tipe hidrolik serta elektrik yang bekerja dengan memanfaatkan minyak sebagai fluida, lalu dipompakan oleh motor listrik ke komponen mesin.

    Selain itu, pompa yang digerakkan oleh motor listrik hanya akan berputar saat dibutuhkan saja. Karena cara kerjanya tersebut, tipe ini biasa juga disebut sebagai power steering semi elektrik (SEPS), atau motor drive power steering (MDPS).

    Komponen-komponen pada Power Steering