Berita

    Kenali Ciri Radiator Bocor & Cara Mengatasinya

    Radiator menjadi salah satu bagian penting dari komponen mobil. Sebagai pengguna mobil Anda perlu memahami penyebab radiator bocor dan melakukan cara tepat untuk mengatasinya. Jika tidak, maka performa mobil akan terganggu. 

    Artikel ini akan membahas bagaimana karakteristik atau ciri-ciri adanya kebocoran pada radiator mobil. Untuk mengetahuinya, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut!

    Ciri-Ciri Radiator Bocor

    Radiator adalah komponen yang bertugas untuk menurunkan suhu cairan radiator agar tidak terjadi overheat pada mesin. Jika bocor, maka fungsi ini tidak bisa dijalankan dengan baik. Mari kenali ciri-ciri kebocoran radiator di bawah ini:

    • Mesin Sering Overheat

    Sudah jelas bahwa fungsi dari radiator adalah mencegah overheat. Jika ada kebocoran maka radiator tidak akan bisa menjalankan perannya secara optimal. Akibatnya, mesin jadi lebih sering overheat

    Biasanya pengemudi bisa melihat indikator suhu mobil di dashboard. Saat terjadi kebocoran maka indikator tersebut akan menunjukkan suhu yang tinggi. 

    • Muncul Tetesan Air

    Mudah saja untuk melihat apakah radiator mengalami kebocoran atau tidak. Salah satunya dengan melihat tetesan air di bagian bawah bumper depan. Jika ada tetesan air di sana maka bisa dicurigai ada kebocoran pada radiator. 

    Air radiator yang bocor biasanya aman menetes di bagian bawah mesin. Jadi lihat saja di bagian bawah bumper mobil karena di sanalah bekas tetesan air radiator akan terlihat. 

    • Muncul Korosi di Permukaan Radiator

    Ciri lain yang bisa menunjukkan ada kebocoran pada radiator adalah adanya korosi di bagian permukaan. Cobalah untuk mengecek permukaan radiator, jika di sana terlihat ada korosi maka bisa dicurigai telah terjadi kebocoran. 

    Mungkin agak sulit untuk melihat bagian permukaan radiator. Anda harus melihat di antara celah sekitar kipas pendingin. Perhatikan saja baik-baik di antara celah tersebut untuk memeriksa apakah ada korosi atau tidak. 

    • Ada Bercak Warna Air Radiator

    Anda bisa mengetahui adanya kebocoran pada radiator lewat bercak warna airnya. Perlu diketahui bahwa air radiator dijual dengan beragam jenis warna. Warna-warna ini ternyata berguna untuk melihat adanya tanda kebocoran. 

    Jika ada kebocoran, maka akan muncul bercak warna air radiator pada kisi-kisi radiator tersebut. Oleh sebab itu cobalah untuk cermat mengamati apakah muncul bercak warna atau tidak. 

    Cara Mengatasi