Berita

    Kenali Cara Kerja & Fungsi Dari Defogger Kaca Depan

    Kebanyakan orang lebih familiar dengan wiper, yang fungsinya membersihkan kaca dan membuat pandangan mata jelas saat hujan turun. Padahal ada komponen lain yang tidak kalah penting yaitu defogger kaca depan.

    Defogger memiliki arti anti embun. Perangkat ini ada di dalam mobil. Fungsinya ialah menghilangkan embun yang menutupi kaca depan.

    Defogger akan mengeluarkan panas yang membuat embun pada kaca mobil menguap. Jadi pengendara tidak perlu lagi mengelap kaca secara manual. 

    Fungsi Defogger Kaca Depan mobil

    Defogger berfungsi untuk mencegah kaca mobil penuh dengan embun. Dengan cara menghantarkan panas ke kaca mobil, sehingga embun bisa langsung hilang. Perangkat ini sangat berguna, terlebih di musim penghujan. 

    Salah satu kebiasaan orang saat berkendara di tengah hujan adalah mengelap kaca mobil yang tertutup uap. Jika mobil sudah dilengkapi dengan defogger, cukup tekan tombolnya di dashboard dan alat ini pun akan bekerja memberikan panas untuk menguapkan embun.

    Cara Kerja Defogger Kaca Depan

    Defogger ada di kaca belakang dan kaca depan mobil. Pada kaca bagian belakang mobil, Anda pasti pernah melihat gari-garis melintang horizontal. Itu bukan stiker atau ornamen, melainkan defogger

    Berupa kawat tipis yang bertugas sebagai kondensator panas untuk menjaga suhu kaca dan mencegah embun terbentuk.  

    Pada mobil-mobil tertentu defogger juga dipasang pada bagian depan kaca mobil. Bentuknya berbeda dari kaca belakang. Defogger di kaca depan mobil menggunakan hembusan AC melalui ventilator khusus. 

    Cara kerja defogger kaca depan terbagi menjadi dua tipe:

    • Defogger Jenis Primary

    Defogger dengan jenis primary sudah banyak tersedia di dalam mobil yang menggunakan sistem pendingin atau AC. 

    Cara kerja defogger primary ialah mengikuti udara yang masuk ke perangkat AC mobil yang akan mengeluarkan udara dingin.

    Udara dingin tersebut kemudian diarahkan untuk melewati pemanas dengan panas yang rendah. Suhu yang akhirnya jadi hangat itu dikeluarkan melalui ventilasi-ventilasi di bagian bawah kaca.

    • Defogger Jenis Secondary