Berita

    Kenali Bushing Arm Mobil Rusak, Ini Efeknya!

    Posisi bushing arm memang berada di bagian kaki-kaki mobil. Namun jika terjadi kerusakan, pengemudi bisa merasakan dampaknya. Komponen yang satu ini memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi kinerja mesin. 

    Lalu, apa saja fungsinya dan ciri-ciri yang bisa dirasakan jika komponen tersebut rusak? Berikut ulasannya.   

    Fungsi Bushing Arm Pada Mobil

    Bentuk dari komponen yang ada di kaki-kaki mobil ini berupa selongsong besi yang dilengkapi dengan karet di bagian dalamnya. Dengan adanya karet tersebut, maka komponen ini bisa berfungsi secara maksimal, antara lain: 

    • Sebagai titik tumpu roda mobil terhadap pencengkramannya. 
    • Sebagai peredam getaran, baik yang berasal dari mesin mobil maupun getaran yang terjadi akibat pergesekan kendaraan itu sendiri. 
    • Sebagai penyeimbang suspensi mobil bagian kanan dan kiri. 

    Ciri-ciri Kerusakan Bushing Arm yang Harus Diwaspadai

    Komponen bushing ini memiliki batas usianya sendiri. Jika sudah mendekati atau bahkan telah melewati batasnya, maka kinerjanya akan menurun. Hal tersebut bisa mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. 

    Pada mobil yang usianya telah menginjak 5 tahun ke atas, komponen ini rentan mengalami kerusakan. Itu sebabnya, sebagai pengendara Anda harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk melakukan penggantian part. 

    Ada beberapa tanda atau ciri yang menunjukkan adanya kerusakan pada bushing, diantaranya adalah: 

            1. Mobil Terasa Kurang Nyaman

    Ciri pertama yang bisa dirasakan pada mobil ketika komponen yang satu ini rusak adalah kondisi mobil yang mulai kurang nyaman. Kondisi tersebut semakin terasa ketika melewati jalanan yang bergelombang atau berlubang. 

    Bahkan, jika bushing benar-benar rusak, mobil yang dikendarai akan terasa seperti berubah. Sekalipun Anda tidak sedang memutar kemudi mobil. 

            2.  Mobil Tidak Seimbang dan Oleng

    Ciri kedua adanya bushing yang rusak adalah mobil menjadi tidak seimbang. Jadi, mobil yang Anda kendarai akan seolah-olah oleng atau hendak melayang. 

    Kondisi ini akan kian terasa ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata atau jika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Ini merupakan ciri kerusakan bushing yang paling berbahaya.