Berita

    Cari Tahu Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis & Cara Mengatasinya

    Bagi Anda yang memiliki mobil pasti ingin mobil tetap dalam kondisi yang prima. Namun tentunya hal ini merupakan sesuatu yang tidak mungkin, sebab baik mobil yang terlalu sering digunakan maupun mobil yang terlalu lama didiamkan akan memiliki masalahnya sendiri-sendiri. 

    Salah satu permasalahan yang cukup sering terjadi pada mobil yaitu air radiator mobil yang cepat berkurang hingga habis. Setiap permasalahan yang mucul pasti ada api pemantiknya. Begitupun dengan permasalahan cepat habisnya air radiator ini.

    Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang apa saja hal yang menjadi penyebab air radiator pada sebuah mobil bisa cepat habis. Penasaran? Simak pembahasan lengkapnya pada poin berikut.

    Penyebab dan Cara Mengatasi Air Radiator Mobil Cepat Habis

    Ketika mobil Anda mengalami permasalahan yang berkaitan dengan air radiator, maka tentunya hal ini akan berpengaruh kepada mesin mobil yang berubah menjadi panas. 

    Mengapa? Sebab hal ini dilatarbelakangi oleh air radiator yang merupakan komponen penting bagi mobil terutama pada sistem pendinginan. Saat air radiator habis, maka sistem pendingin pada mobil tidak bisa berfungsi dengan semestinya. 

    Air radiator yang habis dalam waktu lebih cepat dari biasanya, dapat disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Yuk cari tahu!

    • Rusaknya Tutup Maupun Selang Radiator

    Ketika air radiator mobil Anda menjadi cepat habis, maka yang bisa Anda curigai pertama kali yaitu terdapatnya kerusakan pada komponen yang berhubungan langsung dengan air radiator, seperti misalnya pada bagian tutup maupun bagian selang radiator.

    Pada umumnya, yang sering menjadi penyebab dari permasalahan air radiator pada mobil yang cepat habis yaitu bagian tutup radiator yang sudah rusak maupun sudah lemah. 

    Lemahnya fungsi tutup radiator ini disebabkan oleh pemakaian mobil yang terlalu lama dan dalam intensitas terbilang sering. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti tutup yang sudah rusak dengan tutup yang baru.

    Selain itu, air radiator juga bisa menjadi cepat habis dikarenakan oleh selang radiator yang rusak seperti melunak sehingga ketika dipasang tidak bisa rapat. Akibat tidak terpasang dengan rapat maka menimbulkan celah yang bisa membuat air radiator keluar. 

    Untuk itu, Anda bisa mengatasinya mulai dari merapatkan kembali selang radiator sehingga tidak ada lagi celah hingga mengganti dengan komponen selang yang baru.

    • Bocornya Komponen Sirip Radiator