Berita

    Bisa di Rumah, Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil

    Kerusakan permukaan atau penuaan dini pada cat kendaraan dapat terjadi karena beberapa faktor. Contohnya adalah akibat terlalu lama terpapar sinar matahari dan pencucian mobil drive-through. Masing-masing faktor tersebut dapat merusak mobil dengan cara yang sedikit berbeda. Jadi, mari simak ulasannya dan cari tahu cara mengkilapkan cat mobil kembali.

    Penyebab Mobil Terlihat Kusam

    1. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

    Meskipun cat mobil dan lapisan bening di dalamnya dirancang untuk melindungi body mobil dari radiasi matahari yang berbahaya, tetapi jika terkena terlalu lama dan sering juga tidak baik. Seiring waktu, sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada eksterior mobil seperti cat mengelupas dan body terlihat lebih kusam.

            2. Pencucian Mobil Drive-Through yang Terlalu Lama

    Pencucian mobil drive-through atau pencucian otomatis juga bisa merusak body mobil. Pasalnya, pembersihan dilakukan menggunakan sikat plastik besar yang kaku. Sikat tersebut dapat menggores cat mobil dan merusak lapisan pelindung bening, membuat mobil tampak kusam dan lebih rentan terhadap faktor lingkungan lainnya. 

    Cara Mengkilapkan Cat Mobil Biar Kinclong

    Jika cat terlanjur mengelupas akibat dari dua faktor tersebut, Anda bisa mengembalikannya seperti baru lagi. Inilah cara mengkilapkan body mobil biar tampak seperti baru tanpa keluar banyak uang dan bisa dilakukan di rumah. 

    Langkah Pertama : Persiapkan Mobil

    Mulailah dengan mencuci mobil menggunakan tangan di tempat yang teduh. Bilas kendaraan secara menyeluruh tetapi jangan sampai kering. 

    Langkah Kedua: Mulai Pemolesan Tahap Awal

    Oleskan sedikit cat ke kain atau bantalan busa dan sebarkan dengan lembut di sekitar cat mobil. Kemudian, mulailah memoles beberapa orang suka menggunakan gerakan melingkar, dan beberapa suka naik dan turun, lalu ke kiri dan ke kanan, jadi gunakan gerakan yang disukai. Ikuti saja kontur mobil dan gosokkan semir hingga hampir transparan.  

    Langkah Ketiga: Bilas Dulu Pad

    Jika perlu, Anda bisa berhenti sejenak dan bilas bantalan busa dengan selang untuk membersihkan cat yang masih lengket. Kemudian bisa menggunakannya lagi. 

    Langkah Keempat: Bersihkan Mobil

    Cuci dan bilas kembali mobil hingga bersih setelah selesai. Bersihkan hingga ke bagian kusen pintu, bagasi, dan kap mesin. Keringkan secara menyeluruh.

    Langkah Lima: Terapkan Lapisan Lilin

    Menerapkan lapisan lilin ke cat akan membantu menutupi sebagian besar ketidaksempurnaan permukaan yang tersisa. Pasang bantalan busa lembut pada orbital sander dan oleskan campuran pasta lilin dan cat poles dengan perbandingan 60:40 Gunakan amplas dengan kecepatan sedang untuk mengoleskan lilin ke kendaraan dengan gerakan maju mundur dan tekanan ringan tetapi stabil. 

    Langkah Enam: Bersihkan Lilin

    Saat lilin mengering, bersihkan area lain di mobil seperti jendela, interior, atau yang lain. Kemudian bersihkan lilin dari mobil dengan handuk microfiber. Pindahkan mobil ke teras agar terpapar sinar matahari untuk mengeringkan. Tetapi jangan terlalu lama. 

    Nah, itulah penyebab dari cat mengelupas dan kusam pada mobil. Anda bisa mengikuti cara mengkilapkan cat mobil tersebut dan mencobanya di rumah. Mudah, murah, dan pasti hasilnya bagus. Jika tidak puas dengan hasil sendiri atau ada kesalahan dalam implementasi, segera bawa mobil ke bengkel resmi Suzuki untuk memperbaikinya. Anda bisa mengunjungi website nya terlebih dahulu di http://www.suzukitradajateng.co.id untuk menjadwalkan booking service yang sesuai dengan keinginan anda.